Kesulitan guru sekolah dasar se Gugus I Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 / Mega Hariri Arofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesulitan guru sekolah dasar se Gugus I Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 / Mega Hariri Arofah

Arofah, Mega Hariri (2015) Kesulitan guru sekolah dasar se Gugus I Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 / Mega Hariri Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arofah Mega Hariri. 2015. Kesulitan Guru Sekolah Dasar se Gugus I Kecamatan Blimbing Kota Malang dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci kesulitan guru sekolah dasar implementasi kurikulum 2013 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil wawancara awal ditemukan fakta bahwa guru masih kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013. Berdasarkan hal itu maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis survei bersifat deskriptif. Data penelitian berupa kesulitan guru (1) merencanakan dan (2) melaksanakan pembelajaran serta (3) kesulitan guru melakukan penilaian hasil pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan angket wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan tabulasi persentase dan mendeskripsikan hasil persentase. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) dalam merencanakan pembelajaran 57% guru kesulitan menyesuaikan jadwal tematik dengan jadwal non-tematik 50% guru kesulitan menyiapkan materi sebelum menjelaskan 64% guru kesulitan menerjemahkan indikator ke dalam materi 50% guru kesulitan menerjemahkan materi ke dalam tujuan pembelajaran 36% guru kesulitan menyiapkan sumber belajar 14% guru kesulitan menyiapkan sumber belajar tambahan 29% guru kesulitan menyiapkan media belajar dan 29% guru kesulitan menyediakan media belajar tambahan (2) dalam melaksanakan pembelajaran 29% guru kesulitan saat menginformasikan materi 36% guru kesulitan melakukan apersepsi 21% guru kesulitan memotivasi siswa 36% guru kesulitan melakukan pengamatan 64% guru kesulitan membimbing siswa mengajukan pertanyaan 43% guru kesulitan membimbing siswa melakukan penalaran 57% guru kesulitan melakukan percobaan/eksperimen 57% guru kesulitan membimbing siswa mengolah informasi 43% guru kesulitan membimbing siswa menyajikan informasi 43% guru kesulitan membantu siswa menyimpulkan informasi 50% guru kesulitan membimbing siswa mengomunikasikan informasi dan 14% guru kesulitan memberikan umpan balik (3) dalam melakukan penilaian hasil pembelajaran 36% guru kesulitan melakukan penilaian sikap 36% guru kesulitan melakukan penilaian pengetahuan 36% guru kesulitan melakukan penilaian keterampilan 50% guru kesulitan melakukan penilaian hasil belajar dan 57% guru kesulitan menggunakan teknik penilaian bervariasi. Dari hasil penelitian disarankan (1) para pakar pendidikan sebaiknya mengadakan seminar/workshop tentang kajian kurikulum 2013 (2) para guru SD sebaiknya lebih kreatif mengajukan pertanyaan yang menantang siswa bertanya (3) Dinas Pendidikan kota Malang/UPT SD wilayah Blimbing supaya memfasilitasi guru dengan pedoman/format penilaian akhir yang baku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item