Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar / Catur Palupi Ratna Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar / Catur Palupi Ratna Pamungkas

Pamungkas, Catur Palupi Ratna (2015) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar / Catur Palupi Ratna Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pamungkas Catur Palupi Ratna. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (2) Drs. Syaiful Imam M.Pd Kata kunci Peningkatan hasil belajar IPS Model Pembelajaran Jigsaw Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) Proses belajar mengajar masih terpusat pada guru (2) Penjelasan guru kurang dapat dipahami oleh siswa (3) Sebagian besar siswa ramai di kelas (4) Siswa jarang bahkan hampir tidak pernah bertanya pada guru tentang materi yang belum dipahami (5) Guru hanya mnerangkan sesuai dengan apa yang ada di dalam buku teks dan (6) Minimnya media/model yang digunakan sebagai penunjang materi. Permasalahan tersebut menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri serta pengalaman belajar yang diperoleh siswa selama pembelajaran sangat minim. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran IPS di SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar (2) Untuk mendiskripsikan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menudukung penelitian ini berupa (1) pedoman observasi (2) soal tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw berjalan dengan baik. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar pada pratindakan adalah 53 siklus I adalah 60 dan siklus II adalah 85. Ketuntasan belajar secara klasikal pada pratindakan sebesar 20% pada siklus I sebesar 32% dan pada siklus II mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kademangan 5 Kabupaten Blitar.Saran bagi guru seharusnya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item