Peningkatan hasil belajar tema Indahnya Negeriku melalui model kooperatof tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV SDN Ariyojening 01 Kabupaten Tulungagung / Alfira Maylana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tema Indahnya Negeriku melalui model kooperatof tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV SDN Ariyojening 01 Kabupaten Tulungagung / Alfira Maylana

Maylana, Alfira (2015) Peningkatan hasil belajar tema Indahnya Negeriku melalui model kooperatof tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV SDN Ariyojening 01 Kabupaten Tulungagung / Alfira Maylana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maylana Alfira. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SDN Ariyojeding 01 Kabupaten Tulungagung . Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata kunci peningkatan hasil belajar tema indahnya negeriku model pembelajaran numbered heads together (nht). Pembelajaran di SDN Ariyojeding 01 tema 6 Indahnya Negeriku masih terfokus pada buku paket dan LKS saja siswa jarang melakukan kegiatan yang berarti. Pada umunya pembelajaran masih menekankan pada model ceramah dan kurang berkesan bagi siswa siswa hanya menerima materi pelajaran dan kurang penghayatan pada materi. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup 1) penerapan model NHT pada pembelajaran tema Indahnya Negeriku 2) peningkatan hasil belajar siswa kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdapat 2 siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek peneliti ini adalah kelas IV SDN Ariyojeding 01 dengan jumlah siswa 25 anak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi 1) observasi 2) wawancara 3) tes 4) catatan lapangan dan 5) dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan model NHT pada pembelajaran tema Indahnya Negeriku dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 73% dan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa sebesar 78% dengan kategori cukup. Selain itu penerapan model NHT juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I sebanyak 19 siswa dengan prosentase 76% telah mencapai ketuntasan sedangkan pada siklus II sebanyak 25 siswa dengan prosentase 96% telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tema 6 Indahnya negeriku materi Keindahan Alam negeriku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ariyojeding 01 Kabupaten Tulungagung. Untuk itu diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran NHT yang berguna untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5909

Actions (login required)

View Item View Item