Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa tema Indahnya Negeriku melalui problem based learning pada siswa kelas IV SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Marina Filayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa tema Indahnya Negeriku melalui problem based learning pada siswa kelas IV SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Marina Filayanti

Filayanti, Marina (2015) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa tema Indahnya Negeriku melalui problem based learning pada siswa kelas IV SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Marina Filayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Filayanti Marina. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Negeriku melalui Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Rumidjan M.Pd (2) Drs. Achmad Taufiq M.Pd Kata Kunci Model PBL Aktivitas Hasil Belajar SD 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan wawancara dan obsevasi awal yang dilakukan peneliti dengan kepala sekolah dan wali kelas SDN Senggreng 04 ditemukan bahwa(1) Pembelajaran masih didominasi oleh guru sumber informasi belajar pada saat pembelajaran yaitu guru dan buku teks pelajaran (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah (3) Hasil Belajar yang diperoleh siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model PBL pada tema Indahnya Negeriku dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Senggreng 04 . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SDN Senggreng 04 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan subyek penelitian berjumlah 35 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penerapan PBL dalam pembelajaran tema Indahnya Negeriku sebagai berikut (1) Aktivitas guru dalam menerapkan PBL telah terlaksana dengan baik (2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siklus I aktivitas belajarsebesar (77 8%) meningkat menjadi (85 1%) pada siklus II. (3) Hasil belajar siswa juga meningkat nilai rata-rata siswa pada tahap pra tindakan sebesar 60 4 dengan prosentase ketuntasan klasikal 25 7%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 68 6 dengan prosrosentase kentutasan klasika 52 9% dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 74 5 dengan prosentase ketuntasan klasikal 81 5%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran PBL pada pembelajaran tema Indahnya Negeriku dapat meningkatkan pembelajaran. peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan PBL memperhatikan aspek-aspek yang harus dilakukan seperti mengorientasikan siswa pada masalah masalah yang diajukan berasal dari permasalahan sains teknologi lingkungan atau masyarakat dengan prosedur yang jelas sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menantang siswa untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah yang terdapat di lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5908

Actions (login required)

View Item View Item