Pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar materi luas dan keliling bangun datar kelas III SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar / Kukuh Pramono

Pramono, Kukuh (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar materi luas dan keliling bangun datar kelas III SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar / Kukuh Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramono, Kukuh. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas III SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd, (2) Drs. Santoso Yoewono, S.Pd Kata Kunci : pengaruh, luas dan keliling persegi dan persegi panjang, model Team Assisted Individualization (TAI) &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas III SDN Kanigoro 03 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar diketahui bahwa: 1) guru banyak menggunakan metode ceramah, sedangkan siswa hanya duduk, melihat, dan menerima informasi dari guru, 2) siswa pasif dikelas, malu bertanya dan sering mengganggu temannya ketika guru mengajar, 3) dalam bekerja kelompok, hanya beberapa siswa yang mengerjakan, sehingga ketika guru melontarkan pertanyaan, hanya 1-2 siswa saja yang dapat menjawab, 4) ketika tidak ada guru didalam kelas, siswa ramai dan tidak konsentrasi terhadap kegiatan belajar mengajar, 5) dalam pembelajaran guru hanya masuk membahas PR kemudian siswa ditugasi mengerjakan soal di LKS, kemudian dibahas, dan yang terakhir siswa diberi tugas individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TAI terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi bangun datar bahasan luas dan keliling persegi dan persegi panjang di SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu. Subyek penelitian adalah siswa kelas III A dan siswa kelas III B. Instrumen pengumpulan data berupa soal pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan metode Paired-Samples T Test dan Independent-Samples T Test. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t pada kedua belah pihak (2 tailed) dengan taraf signifikansi 5%. Uji statistik menggunakan bantuan program SPSS 16 for windows. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288; Berdasarkan hasil analisis data pada tabel perhitungan uji t pretest diperoleh = 1,238 untuk dengan dan df = 55, jika dilihat pada tabel diperoleh = 2,004, Sehingga < yaitu 1,238 < 2,004 (Ho diterima). Dan kriteria pengujian maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan tabel perhitungan uji t posttest diperoleh 7, 852 untuk dengan 0,05 dan df = 55, jika dilihat pada tabel diperoleh 2,004, Sehingga yaitu 7,852 > 2,004 (Ho ditolak). Dari kriteria pengujian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan hasil belajar anak kelas kontrol dan hasil belajar anak kelas eksperimen. Oleh karena itu, disarankan bagi guru agar menerapkan model TAI sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika agar hasil pembelajaran lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item