English teachers' technology integration self-efficacy and actual classroom practices / Pungky Wahyu Wijayani - Repositori Universitas Negeri Malang

English teachers' technology integration self-efficacy and actual classroom practices / Pungky Wahyu Wijayani

Wijayani, Pungky Wahyu (2016) English teachers' technology integration self-efficacy and actual classroom practices / Pungky Wahyu Wijayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayani Pungky Wahyu. 2016. English Teachers Technology Integration Self-Efficacy and Actual Classroom Practices in Senior High Schools. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Ali Saukah M.A. Ph.D. (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keywords keyakinan diri guru integrasi teknologi praktek mengajar Keyakinan diri guru yang mengacu kepada kepercayaan guru terhadap kemampuan mereka untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa biasanya dihubungkan dengan kepercayaan diri guru. Keyakinan diri guru mempunyai peranan penting dalam aktivitas mengajar di dalam kelas. Semua usaha yang dikerahkan dan tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh guru serta kegigihan para guru dipengaruhi oleh keyakinan diri guru itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menyelidiki tingkat keyakinan diri guru Bahasa Inggris pada integrasi teknologi dan (2) untuk menjelaskan apakah keyakinan diri guru tercermin pada praktik pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Untuk menjawab dua pertanyaan di atas penelitian ini menerapkan rancangan deskriptif-kualitatif. Pada penelitian ini sang peneliti sendiri yang mengumpulkan menyusun dan menganalisa data sebelum mengambil kesimpulan dari penelitian. Subyek penelitian adalah empat orang guru Bahasa Inggris SMA. Data penelitian dikumpulkan dari wawancara individu yang direkam pengamatan kelas yang melibatkan catatan lapangan dan lembar pengamatan dan angket di awal penelitian. Trianggulasi data didapatkan melalui pengumpulan data dari berbagai sumber yang kemudian diperiksa silang oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keyakinan guru beragam (rendah menengah dan tinggi). Guru yang mempunyai tingkat keyakinan diri yang tinggi lebih percaya diri bahwa mereka dapat mengintegrasi teknologi secara teratur dalam pembelajaran Bahasa Inggris di dalam kelas. Meskipun terdapat beberapa tantangan guru denga tingkat keyakinan diri yang tinggi merasa percaya diri bahwa mereka tetap dapat mengintegrasikan teknologi di dalam kelas semaksimal mungkin. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa meskipun tingkat keyakinan diri guru beragam semua guru memiliki sikap yang positif terhadap integrasi teknolohi di pembelajaran Bahasa Inggris. Guru merasa senang dan percaya diri untuk melibatkan teknologi dalam praktek mengajar Bahasa Inggris. Mereka antusias untuk memanfaatkan teknologi dalam pengajaran Bahasa Inggris karena mereka percaya bahwa teknologi mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa serta kesuksesan siswa di masa depan. Mengenai praktek di dalam kelas penelitian ini menunjukkan bahwa keyakinan diri guru dalam integrasi teknologi berhubungan erat dengan praktek mengajar yang sebenarnya di dalam kelas. Guru dengan tingkat keyakinan diri yang tinggi dapat mengintegrasikan teknologi di tingkat yang lebih mahir pada instruksi pembelajaran Bahasa Inggris. Guru dengan keyakinan diri yang tinggi dapat menggunakan teknologi untuk mengubah instruksi pengajaran mereka proses belajar Bahasa Inggris siswa dan tujuan belajarnya. Agar dapat mengintegrasikan teknologi secara konsisten dalam pengajaran Bahasa Inggris peneliti menyarankan agar pihak pimpinan sekolah dan guru dapat berembuk tentang kebijakan-kebijakan dan dukungan yang dibutuhkan demi kelancaran integrasi teknologi di dalam kelas. Guru juga buth untuk mengikuti pelatihan-pelatihan profesi yang disesuaikan dengan kebutuhan praktis guru dalam mengajar Bahasa Inggris sehingga guru dapat memanfaatkan teknologi yang telah tersedia. Para peneliti yang tertarik di bidang integrasi teknologi disarankan untuk meneliti integrasi teknologi dari sudut pandang siswa. Para peneliti juga dapat membandingkan bagaimana teknologi diintegrasikan oleh guru dan oleh siswa di pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59037

Actions (login required)

View Item View Item