Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa materi bilangan desimal di kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri / Yunus Tanthowi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa materi bilangan desimal di kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri / Yunus Tanthowi

Tanthowi, Yunus (2015) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa materi bilangan desimal di kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri / Yunus Tanthowi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tanthowi Yunus. 2015. Pengaruh Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Desimal Di Kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs.H. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd.(2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran make a match hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah hal ini disebabkan dalam menyampaikan materi guru lebih menggunakan metode yang bersifat konvensional.Sehingga pembelajaran tidak berpusat pada siswa. Siswa kurang berperan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1)mendeskrispsikan hasil belajar siswa materi bilangan desimal dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional 2)mendeskripsikan hasil belajar siswa materi bilangan desimal dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan 3)mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan decimal. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan metode eksperimen. Dengan kelas ekperimen dan kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan metode Independent-Sample T tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji -t pada kedua belah pihak (2 tailed) dengan taraf signifikasi 0 05 atau 5%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1)rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan metode konvensional mendapatkan nilai sebesar 74 14 2)sedangkan nilai rata-rata kelas yang menerapkan model pembelajaran Make A Match sebesar 94 63 3)berdasarkan uji t dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung 5 79 dan ttabel 2 000 Hal ini menunjukkan bahwa thitung ttabel maka Ha yang telah ditentukan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa materi bilangan desimal kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri. Oleh karena itu disarankan bagi guru dalam pembelajaran matematika menggunakan model Make A Match agar hasil belajar siswa dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item