Enhancing students' reading comprehension through contextual guessing strategy / Rizka Yanuarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Enhancing students' reading comprehension through contextual guessing strategy / Rizka Yanuarti

Yanuarti, Rizka (2019) Enhancing students' reading comprehension through contextual guessing strategy / Rizka Yanuarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Yanuarti Rizka. 2019. Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa Menggunakan Strategi Menebak Makna Kata Berdasarkan Konteks. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Adnan Latief MA. PhD. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata kunci pemahaman bacaan Tes Kemampuan Bahasa Inggris Strategi Menebak Makna Kata Berdasarkan Konteks Mata kuliah Tes Kemampuan Bahasa Ingris (TEP) semacam TOEFL merupakan bagian mata kuliah Bahasa Inggris di UIN Maulana Malik Ibrahim dan memiliki bobot tiga puluh persen dari nilai mata kuliah Bahasa Inggris II. Semua mahasiswa kecuali dari jurusan Sastra Inggris harus menempuh enam SKS mata kuliah Bahasa Inggris. Mata kuliah TEP bagi semua mahasiswa non-Bahasa Inggris ini telah berjalan selama sepuluh tahun. Namun mahasiswa yang bukan dari jurusan Bahasa Inggris mengalami kesulitan terutama dalam bagian bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana strategi menebak makna kata berdasarkan konteks dapat meningkatkan pemahaman bacaan TEP mahasiswa Perbankan Islam di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas satu siklus yang melibatkan empat tahap yaitu perencanaan implementasi pengamatan dan refleksi. Siklus penelitian ini mencakup tiga pertemuan dan satu pertemuan untuk tes membaca. Subjek penelitian meliputi 25 mahasiswa semester empat Perbankan Syariah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Data diperoleh melalui tes membaca daftar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi menebak makna kata berdasarkan konteks dalam mengajar membaca mampu meningkatkan capaian membaca dan keterlibatan mahasiswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari kriteria keberhasilan yang tercapai yang ditunjukkan oleh hasil tes membaca dan daftar pengamatan. Seluruh mahasiswa atau 100% dari 25 mahasiswa mencapai kriteria keberhasilan. Namun peneliti menyarankan guru untuk menerapkan strategi ini dalam setiap pertemuan dengan kegiatan membaca untuk membantu mahasiswa lebih mandiri dalam menggunakan strategi ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59028

Actions (login required)

View Item View Item