The effects of using Wattpad on process-genre approach toward writing achievement and motivation in tertiary level / Rendhi Fatrisna Yuniar - Repositori Universitas Negeri Malang

The effects of using Wattpad on process-genre approach toward writing achievement and motivation in tertiary level / Rendhi Fatrisna Yuniar

Yuniar, Rendhi Fatrisna (2019) The effects of using Wattpad on process-genre approach toward writing achievement and motivation in tertiary level / Rendhi Fatrisna Yuniar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniar Rendhi Fatrisna. 2019. Efektivitas penggunaan Wattpad pada pendekatan Process-Genre terhadap hasil belajar menulis mahasiswa dan motivasi mahasiswa pada tingkatan kuliah. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. P.hD. (II) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata kunci Wattpad pendekatan Process-Genre kemampuan menulis motivasi Penelitian ini berisi integrasi penggunaan teknologi dan kegiatan belajar mengajar. Mengambil kelebihan dari penggunaan teknologi pada kelas seperti Wattpad akan meningkatkan kemampuan menulis dan motivasi mahasiswa karena kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisian. Penggunaan Wattpad pada kali ini akan diintegrasikan dengan pendekatan process-genre. Mengambil kelebihan dari pendekatan Process-genre penelitian ini ditujukan untuk melihat tingkat keefektivan penggunaan Wattpad pada pendekatan tersebut terhadap kemampuan menulis dan motivasi mahasiswa. Media ini ditujukan untuk dikembangkan menjadi sebuah strategi yang efektif yang dapat membantu komunikasi yang efektif bagi mahasiswa dengan melihat pada kemampuan menulis dan motivasi mereka. Peneliti menggunakan desain pre-experimental untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan pengajuan strategi yakni penggunaan Wattpad pada pendekatan process-based. Langkah selanjutnya adalah penentuan subjek dan cakupan dari penelitian ini. Peneliti meminta bantuan dari para ahli untuk memvalidasi instrumen dari penelitian. Setelah instrumen sudah divalidasi pengambilan data dihari pertama dilakukan oleh peneliti dengan membagikan pre-test dan questionnaire untuk mengetahui kemampuan menulis dan motivasi mahasiswa. Pada pertemuan terakhir peneliti mendistribusikan post-test dan questionnaire untuk mengetahui kemampuan menulis dan motivasi mahasiswa setelah treatment. Prosedur berikutnya adalah Analisa data dan diskusi berdasarkan data yang diperoleh. Prosedur terakhir adalah menganalisa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil dari yang didapat oleh peneliti setelah melakukan tretment. Pada akhir penelitian ini peneliti menemukan bahwa penggunaan Wattpad pada pendekatan process-genre membawa efek positif pada kemampuan menulis dan motivasi mahasiswa. Hasil statistic menunjukkan perubahan nilai dan motivasi sebelum dansesudah penggunaan Wattpad meningkat secara signifikan. Peneliti memberi saran untuk dosen/guru bahasa Inggris untuk menggunakan Wattpad sebagai media mengajar karena bisa membantu mahasiswa untuk belajar secara aktif. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan pendekatan-pendekatan lain yang akan dikolaborasikan dengan Wattpad. Penelitian ini juga dapat menjadi pedoman bagi peneliti selanjutnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59026

Actions (login required)

View Item View Item