The effect of collaborative strategic reading on EFL students' reading comprehension across group arrangement sizes / Ita Moraliawati

Moraliawati, Ita (2019) The effect of collaborative strategic reading on EFL students' reading comprehension across group arrangement sizes / Ita Moraliawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Moraliawati, Ita. 2019. Pengaruh Membaca Berstrategi Kolaborasi terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Pembelajar Bahasa Inggris Berdasarkan Pengaturan Ukuran Kelompok. Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd., M.Ed., (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A. Keywords: Membaca Berstrategi Kolaborasi, Pemahaman Bacaan, Ukuran Pengelompokan Siswa Kemampuan membaca membantu pembaca untuk memperoleh kecakapan dalam membaca, belajar efektif dan mengkonsep teks tulis. Kemampuan membaca juga mempengaruhi kemampuan lain dalam bidang Bahasa Inggris. Namun, beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam pemahaman bacaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menginvestigasi pengaruh Collaborative Strategic Reading (CSR) pada kemampuan siswa memahami dalam kelompok kerja dengan jumlah anggota yang berbeda. Penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimen yang melibatkan 133 siswa dari SMAN Model Terpadu Bojonegoro di kelas 11 digunakan dalam penelitian ini. Subjek dibagi menjadi 4 kelas, yang mendapatkan perlakuan dalam 2 strategi yang berbeda (CSR & metode konvensional) dan 2 jenis kelompok (berpasangan & kelompok yang terdiri dari 4 siswa) yang berbeda. Peneliti melakukan perlakuan selama 8 minggu baik untuk kelas kontrol maupun kelas eksperimental. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman bacaan. Tes parametrik yaitu uji T dan anova 2 jalur digunakan untuk menganalisa data. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan CSR dan metode konvensional dengan keunggulan di CSR. Hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi 0.007, lebih rendah dari nilai signifikansi 0.05, yang didapatkan dari hasil uji-T pada hasil post-test siswa yang diajar dengan dua metode tersebut. Namun, perbedaan yang signifikan dari nilai siswa yang dikelompokkan secara berpasangan dan dalam kelompok yang terdiri dari 4 siswa tidak terlihat mengingat nilai signifikansinya adalah 0.996, lebih besar dibandingkan dengan nilai signifikansi 0.05, sebuah implikasi bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara 2 kelompok yang dibandingkan. Selanjutnya, hasil uji anova 2 jalur menyatakan bahwa nilai p 0.577 > 0.05 yang berarti bahwa interaksi antara strategi yang digunakan dalam pembelajaran membaca dengan jumlah anggota kelompok yang ditugaskan kepada siswa tidak terbukti. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa CSR mempengaruhi pemahaman bacaan siswa secara positif. Namun, penelitian ini tidak menemukan pengaruh CSR dengan jumlah kelompok yang berbeda terhadap pemahaman bacaan siswa. Penelitian lebih lanjut tentang CSR dapat meyakinkan bahwa CSR dapat dipandang sebagai alat pendidikan yang efektif bagi siswa SMA. Rekan-rekan guru perlu didorong untuk mempertimbangkan mengadopsi strategi pembelajaran yang sudah terbukti keefektifannya dalam penelitian. Selain itu, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melaksanakan penelitian yang berhubungan dengan group size dalam aspek lain selain membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59022

Actions (login required)

View Item View Item