Nugroho, Wienda Febriyanti (2019) Improving the speaking skill of the tenth graders of SMK Gamaliel 2 Madiun through project-based vlog / Wienda Febriyanti Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nugroho Wienda Febriyanti. 2019. Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Pada Peserta Didik Kelas Sepeluh SMK Gamaliel 2 Madiun Melalui Proyek Vlog. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M. A. Ph.D Kata Kunci Meningkatkan ketrampilan berbicara projek vlog Berbicara adalah keterampilan yang sulit untuk dipelajari khususnya bagi siswa yang belajar bahasa inggris. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara guru bahasa inggris dapat membangun keterampilan berbicara siswa dengan berfokus secara teratur pada aspek berbicara tertentu misalnya kelancaran pengucapan ketepatan tata bahasa atau bahasa tubuh. Setelah diberi tes awal dalam studi pendahuluan para siswa memiliki banyak kendala. Contohnya mereka mendapatkan kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris seperti ketika mereka ingin menjawab pertanyaan guru karena mereka tidak memiliki cukup diksi dan kosa kata mereka bingung untuk mengucapkan dan lupa dengan apa yang mereka katakan. Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan pembelajaran berbasis proyek (Project Based-Learning/ PBL) melalui Vlog serta melihat kinerja berbicara mereka dan persepsi mereka dalam proses belajar mengajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek melalui Vlog. Penelitian dilakukan dalam siklus. Penelitian ini melibatkan 11 siswa sebagai peserta. Mereka merupakan siswa kelas X program akuntansi SMK Gamaliel 2 Madiun. Di antara 11 siswa ditegaskan bahwa 8 siswa belum memenuhi kriteria keberhasilan. Kriteria keberhasilan terdiri dari 2 yang mendapat nilai di bawah kriteria kelulusan minimum (70) disyaratkan untuk meningkatkan nilai berbicara mereka menjadi 70 di tingkat yang baik dan 80 % persepsi siswa melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan kuesioner persepsi siswa dan rubrik penilaian untuk tes berbicara siswa. Hasil penelitian ini berhasil dicapai. Setelah siswa diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek melalui Vlog kesebelas siswa telah berhasil memenuhi kriteria keberhasilan. Mereka berada pada level yang baik dalam semua aspek rubrik berbicara. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa untuk merespon secara positif penggunaan Vlog. Penggunaan pembelajaran berbasis proyek melalui Vlog dapat meningkatkan kelancaran siswa ketepatan tata bahasa pelafalan kosakata dan konten. Model pembelajaran ini harus didukung menggunakan teknologi yang canggih dan beberapa fasilitas. Model pembelajaran ini dapat diimplementasikan dalam tingkat berbicara yang berbeda dan desain penelitian yang berbeda untuk menemukan lebih banyak keuntungan dan efektivitas pembelajaran berbasis proyek melalui Vlog.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59020 |
Actions (login required)
View Item |