Peningkatan keterasmpilan berbicara melalui metode memerankan tokoh pada siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Binti Nurlaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterasmpilan berbicara melalui metode memerankan tokoh pada siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Binti Nurlaili

Nurlaili, Binti (2015) Peningkatan keterasmpilan berbicara melalui metode memerankan tokoh pada siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Binti Nurlaili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurlaili Binti. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Memerankan Tokoh pada Siswa Kelas V SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd (II) Dra.Tri Murti M.Pd. Kata kunci peningkatan keterampilan berbicara metode Memerankan Tokoh Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada kelas V SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar diketahui bahwa (1) siswa kurang berani dalam berbicara di depan kelas sehingga kegiatan belajar masih berkesan pasif. (2) hanya beberapa siswa saja yang diberi kesempatan untuk berbicara di depan kelas. (3) siswa juga kurang berani untuk melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan oleh guru. (4) dalam penyampaian materi metode yang digunakan guru ceramah pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode memerankan tokoh dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode memerankan tokoh siswa kelas V SDN bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Penerapan metode memerankan tokoh meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada tahap siklus I pertemuan I aktifitas guru memperoleh 92% dan pertemuan II memperoleh 95%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 95% dan pertemuan II memperoleh 100%. Untuk aktifitas siswa siklus I pertemuan I 75% dan pertemuan II 80%. Pada siklus II pertemuan I aktifitas siswa memperoleh 90% dan pertemuan II 100%. Selain itu penerapan model memerankan tokoh dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa siklus I pertemuan I mendapat persentase ketuntasan 45%. Siklus I pertemuan II mendapat persentase 50%. Siklus II pertemuan I mendapat persentase 63% dan siklus II pertemuan II mendapat persentase 100%. Dengan demikian dapat dikatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode memerankan tokoh dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang ditunjukkan pada meningkatnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode memerankan tokoh dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam materi drama. Oleh karena itu disarankan bagi para guru hendaknya menggunakan metode memerankan tokoh pada pembelajaran drama khususnya keterampilan berbicara supaya dapat meningkatkan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5902

Actions (login required)

View Item View Item