Utilizing graphic organizers to improve the eleven graders' reading comprehension of analytical exposition text at SMAN 17 Surabaya / Fifid Suryaning Fitri

Fitri, Fifid Suryaning (2019) Utilizing graphic organizers to improve the eleven graders' reading comprehension of analytical exposition text at SMAN 17 Surabaya / Fifid Suryaning Fitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Fitri, Fifid Suryaning. 2018. Utilizing Graphic Organizers to Improve the Eleven GradersÔÇÖ Reading Comprehension of Analytical Exposition Text at SMAN 17 Surabaya. Thesis: Graduate Program in English Language Teaching, State University of Malang. Advisors: (1) 1. Dr. Suharmanto Ruslan, M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Moh. Adnan Latief, M.A Kata Kunci: graphic organizers, pemahaman membaca, teks analitikal eksposisi. Membaca adalah aspek terpenting untuk dipelajari dalam kemahiran berbahasa. Sebaliknya, sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk memahami teks bahasa asing. Dengan menggunakan grafik organizer, siswa mempraktikkan keterampilan mereka dalam mengklasifikasikan informasi. Jika mereka menguasai keterampilan, mereka dapat membagi teks menjadi topik, ide utama, detail pendukung, fakta atau pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas dalam teks eksposisi analitik di SMAN 17 Surabaya dengan menggunakan grafik organiser. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan selama tahap observasi adalah: daftar periksa observasi, catatan lapangan, angket untuk siswa dan post-test pemahaman bacaan pada pertemuan terakhir. Strategi itu dianggap berhasil jika siswa lulus nilai kelulusan terendah yang dipersyaratkan, yang disebut kriteria keberhasilan (Kriteria Ketuntasan Minimal). Enam siswa yang dikategorikan sebagai berprestasi rendah diharapkan memiliki setidaknya 60 skor membaca minimum di post-test. Dua puluh enam siswa yang dikategorikan berprestasi tinggi diharapkan dapat meningkatkan skor membaca hingga 70 sebagai skor minimum dalam post-test. Persyaratan lain untuk kriteria keberhasilan adalah 80% dari siswa yang terlibat dalam proses belajar dan mengajar. 80% siswa juga berharap dapat memberikan persepsi positif terhadap implementasi strategi. Temuan ini mengungkapkan bahwa peneliti menggunakan pendekatan berbasis teks dalam strategi yang membantu siswa untuk memahami inti dari teks. Pada tahap BKOF, mereka belajar untuk mengetahui fitur bahasa, fungsi sosial dan struktur teks teks. Pada tahap MOT, siswa diberi teks sebagai model bagi mereka untuk menganalisis teks sesuai dengan apa yang mereka dapatkan sebelumnya. Pada saat itu, para siswa dapat mengklasifikasikan informasi dengan menggunakan grafik organizer setelah mereka membaca teks. Ini bisa dibuktikan dengan hasil post-test. Siswa berprestasi dan berprestasi rendah telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ada enam siswa berprestasi rendah telah mencapai skor sama dengan dan lebih dari 60, sedangkan siswa berprestasi tinggi telah mencapai skor sama dengan lebih dari 70, yang mereka masih dapat memenuhi kriteria keberhasilan. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa semua siswa mengungkapkan perasaan mereka melalui kuesioner bahwa mereka menyenangkan dan menikmati memiliki grafik organizer untuk memfasilitasi mereka dalam memahami teks eksposisi Analitik. Grafik organisator dapat membuat mereka tetap fokus pada ix teks yang mereka baca, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahui topik dan ide-ide teks. Kemudian, akhirnya, mereka dapat membuat ringkasan dari teks melalui grafik organizer yang mereka buat sendiri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59014

Actions (login required)

View Item View Item