The effect of using authentic materials on reading comprehension across secondary cognitive learning styles / Noor Aisyah

Aisyah, Noor (2019) The effect of using authentic materials on reading comprehension across secondary cognitive learning styles / Noor Aisyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aisyah, Noor. 2018. The Effect of Authentic Materials on Reading Comprehension across Secondary StudentsÔÇÖ Cognitive Learning Styles. MagisterÔÇÖs Thesis, English Language Teaching, Graduate Program of State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M.Pd., M.A., (II) Dr. Sri Rachmajanti, Dip. TESL., M.Pd. Kata Kunci: Materi Otentik, Pemahaman Membaca, Gaya Belajar Kognitif Pembelajaran membaca saat ini didorong untuk memberdayakan siswa dalam rangka menghadapi tantangan dan mengembangkan keterampilan abad 21. Selanjutnya, guru bahasa Inggris harus bias menerapkan materi dan strategi yang menarik untuk mendorong siswa belajar Bahasa Inggris . Dibandingkan dengan materi non-otentik, materi otentik tampaknya lebih menjanjikan untuk memenuhi permintaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah penggunaan materi otentik di kelas pada pemahaman bacaan efektif terhadap gaya belajar kognitif siswa. Pengaruh bahan otentik dibandingkan dengan yang tidak otentik. Penelitian ini juga berusaha menyelidiki interaksi antara bahan ajar, pemahaman membaca, dan gaya belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-faktorial 2 x 2 yang melibatkan 68 siswa kelas sepuluh akuntansi dari SMKN 3 Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Di kelas eksperimen siswa diajarkan menggunakan materi otentik, sedangkan di kelas control siswa diajarkan menggunakan materi non-otentik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah posttest dalam bentuk pilihan ganda dan GEFT. Analisis statistik dilakukan menggunakan SPSS 23.0 untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa materi otentik lebih meningkatkan pemahaman membaca siswa dibandingkan dengan materi non-otentik. Ini sesuai dengan teori materi otentik dan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa materi otentik efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Lebih lanjut ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman bacaan antara siswa yang bergaya kognitif independen dan dependen. Selain itu, tidak ada interaksi antara bahan ajar, pemahaman membaca dan gaya belajar kognitif siswa. Hasil yang tidak signifikan antara siswa independen dan dependen dikarenakan manfaat yang sama yang diperoleh kedua kelompok siswa dari berbagai aktifitas kegiatan pengajaran. Siswa independen memperoleh lebih banyak manfaat dari pekerjaan individu, sementara siswa dependen mendapat lebih banyak manfaat dari kerja kelompok dan diskusi. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan otentik dalam pengajaran pemahaman membaca dapat dijadikan sebagai bahan alternatif yang menjanjikan untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan gaya belajar kognitif yang berbeda. Materi otentik menawarkan berbagai topik terkait pengalaman kehidupan sehari-hari serta memberikan kesempatan untuk mengintegrasikan komponen bahasa selama proses belajar mengajar. Temuan-temuan ini menyiratkan bahwa materi otentik direkomendasikan sebagai bahan alternatif bagi siswa. Peneliti masa depan di bidang ini disarankan untuk melakukan penelitian dengan jumlah pertemuan yang lebih banyak, menggunakan desain penelitian yang berbeda sehingga dapat menentukan subjek secara acak, dan menggunkan analisis yang berbeda untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59008

Actions (login required)

View Item View Item