Yuwinda (2019) Learning styles, level of anxiety and personality as predictors of students' speaking score / Yuwinda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii RINGKASAN Yuwinda. 2018. Learning Styles Level of Anxiety and Personality as Predictors of Students Speaking Scores. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Keywords Gaya belajar kecemasan kepribadian berbicara Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kontribusi gaya belajar siswa tingkat kecemasan dan kepribadian terhadap nilai berbicara mereka dan bagaimana kombinasi variabel-variabel bebas memprediksi nilai berbicara mereka. Penelitian ini bersifat kuantitatif melibatkan analisis regresi berganda. Target populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang. Namun populasi yang dapat diakses adalah mahasiswa S1 semester tiga Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang. Sejumlah 122 siswa dari 5 kelas mengambil bagian sebagai subyek pada proses pengumpulan data dalam penelitian ini. Mereka mengisi kuesioner dan mengambil bagian dalam tes berbicara untuk tujuan pengumpulan data. Ada dua jenis instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini kuesioner dan tes berbicara. Kuesioner digunakan untuk mengukur faktor yang mempengaruhi nilai berbicara siswa dan tes berbicara digunakan untuk mengukur kinerja berbicara siswa. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner gaya belajar yang berfokus pada visual auditori dan gaya belajar kinestetik kuesioner tingkat kecemasan yang berfokus pada situasi komunikasi yang kemungkinan akan dihadapi peserta sesuai dengan pengaturan komunikatif dan kuesioner kepribadian yang berfokus pada ekstrovert dan introvert. Ujian berbicara terdiri dari instruksi dan pernyataan subjek yang dibahas dalam pembicaraan mereka dan topik alternatif yang akan dipilih. Kemudian untuk mengungkapkan hubungan antar variabel yang diselidiki semua data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada korelasi dan kontribusi yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Selanjutnya hasil analisis regresi berganda dari gaya belajar tingkat kecemasan dan kepribadian dalam kombinasi untuk skor berbicara siswa berada dalam korelasi yang kuat dan signifikan (0 860). Selain itu gaya belajar tingkat kecemasan dan kepribadian dalam kombinasi juga berkontribusi positif sebanyak 74% terhadap nilai berbicara siswa sedangkan 26% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Belum lagi kontribusi di antara masing-masing variabel bebas gaya belajar (19 5%) tingkat kecemasan (32 7%) dan kepribadian (21 8%) secara individual terhadap variabel terikat nilai berbicara siswa juga menunjukkan kontribusi positif. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya belajar tingkat kecemasan dan kepribadian berkontribusi pada nilai berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59006 |
Actions (login required)
View Item |