Rofita, Nurma (2015) Implementasi keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III SDN Bendogerit 02 Kota Blitar / Nurma Rofita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rofita Nurma. 2015. Implementasi Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Pembelajaran IPS Kelas III SDN Bendogerit 02 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Santoso Yoewono S.Pd. Kata Kunci implementasi keterampilan mengelola kelas pembelajaran ips 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas III SDN Bendogerit 02 Kota Blitar diketahui bahwa (1) dalam pembelajaran IPS bahan materi yang disampaikan oleh guru berasal dari buku pegangan siswa (2) materi disampaikan secara klasikal tidak ada kegiatan yang dilakukan secara berkelompok (3) hanya beberapa siswa yang aktif mendominasi kegiatan belajar dan (4) guru mengandalkan pemberian hukuman agar siswa tetap mengerjakan tugas yang diberikan. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian tentang implementasi keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS yang disusun guru (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS dan (3) implementasi keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran IPS kelas III SDN Bendogerit 02 Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan alasan peneliti tidak melakukan hipotesis. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III SDN Bendogerit 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dilakukan dengan skala guttman dan persentase yang selanjutnya dilakukan tahap reduksi data yang terdiri dari penelaahan data identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi dan meningkatkan ketekunan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan pembelajaran IPS (RPP) yang dibuat guru didesain dengan baik dengan hasil rata-rata persentase sebesar 81%. Kedua pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS dilaksanakan dengan baik dengan hasil rata-rata persentase sebesar 81%. Ketiga pengelolaan kelas pada pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru sudah baik dengan hasil rata-rata persentase 87%. Pengelolaan kelas yang dilakukan guru mencakup empat aspek yaitu pengelolaan tata ruang pengelolaan waktu pengelolaan materi dan pengelolaan siswa. Pengelolaan kelas terlihat dengan sikap dan tingkah laku siswa yang merasa nyaman dan dapat menerima penjelasan guru dengan baik. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diberikan penulis yaitu guru dapat menerapkan pengelolaan kelas dengan sebaik-baiknya agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara kondusif dan lancar. Sehingga secara otomatis tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5900 |
Actions (login required)
View Item |