Pengembangan permainan multimedia rambu lalu lintas berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Dio Lingga Purwodani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan multimedia rambu lalu lintas berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Dio Lingga Purwodani

Purwodani, Dio Lingga (2015) Pengembangan permainan multimedia rambu lalu lintas berbantuan papan interaktif untuk anak usia dini / Dio Lingga Purwodani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwodani Dio.L. 2015. Pengembangan Permainan Multimedia Rambu Lalu Lintas Berbantuan Papan Interaktif untuk Anak Usia Dini. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A.J.E Toenlioe M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S.T M.T. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Rambu Lalu Lintas Interactive Whiteboard Anak Usia Dini. Multimedia merupakan kombinasi dari media yang berbeda (yaitu teks gambar suara video animasi dll) yang digunakan untuk menyajikan informasi multimodal dalam kaitannya dengan teknologi komputer. Agar multimedia yang dikembangan lebih interaktif dan inovatif maka multimedia ini dikembangkan berbasis interactive whiteboard. Interactive whiteboard terdiri komputer yang terhubung dengan proyektor dan papan layar sentuh besar yang dapat menampilkan gambar yang diproyeksikan. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk permainan multimedia berbantuan papan interaktif yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang menarik efektif dan efisien serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema lingkungan perkotaan khususnya mengenal rambu lalu lintas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa TK-B di TK Dharma Wanita 3 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Media ini divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada 20 siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba lapangan didapat kesimpulan bahwa dari segi kemenarikan dan keefektifan media sudah terpenuhi tetapi dari segi keefisienan poin kemanan media dan kelancaran penggunaan alat belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item