Predictors of EFL learning demotivation: empirical evidence from learner, teacher, and environment factors / Muhammad Fahmi Rizaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Predictors of EFL learning demotivation: empirical evidence from learner, teacher, and environment factors / Muhammad Fahmi Rizaldi

Rizaldi, Muhammad Fahmi (2018) Predictors of EFL learning demotivation: empirical evidence from learner, teacher, and environment factors / Muhammad Fahmi Rizaldi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Rizaldi Muhammad Fahmi. 2018. PrediktorDemotiasiBelajarSiswa BuktiEmpirisdariFaktorSiswa Faktor Guru danFaktorLingkungan.Tesis. JurusanPendidikan Bahasa Inggris Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Katakunci prediktor demotivasibelajar buktiempiris faktorsiswa faktor guru faktorlingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah ada pengaruh yang signifikan antara faktor siswa faktor guru dan faktor lingkungan terhadap demotivasi belajar siswa baik pengaruh yang bersifat parsial maupun simultan. Kemudianpenelitianinijugauntukmengetahuimodel yang cocok untuk data faktor demotivasi belajar siswa secara signifikan.Tujuan penelitian berikutnya ialah untuk mengetahui faktor demotivasi apa yang paling dominan terhadap demotivasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 165 partisipan dari SMP SMK dan SMA se kota Banjarmasin melalui survey. Mereka diminta untuk menjawab pertanyaan pada angket. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Model regresi menunjukan bahwa variableindependent mempunyai hubungan negatif terhadap dependen variable. Dengan kata lain semakin besar faktor demotivasi maka semakin rendah nilai Bahasa Inggris siswa. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa faktor siswa faktor guru dan faktor lingkungan berpengaruh terhadap demotivasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Faktor dominan yang paling berpengaruh adalah faktor lingkungan. Karena faktor dominan adalah faktor lingkungan maka disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk lebih selektif dalam memilih buku teks bacaan yang tidak terlalu panjang kosakata yang familiar dengan topik di usia mereka. Selain itu guru juga diharapkan memilih buku teks bacaan yang memuat aktifitas menarik seperti permainan Bahasa Inggris untuk menghindari kebosanan. Direkomendasikan juga kepada pihak sekolah untuk memfasilitasi siswanya dengan akses internet ke dalam kelas. Hal ini membantu mereka menemukan sumber belajar ketika mereka tidak menemukannya di dalam buku teks bacaan. Sebagai solusinya pihak sekolah bisa bekerjasama dengan provider internet. Akses internet berbayar murah ini sudah dilakukan oleh beberapa sekolah di Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58993

Actions (login required)

View Item View Item