Correlation between linguistic intelligence and writing performance of EFL college students with working memory capacity levels / Giovanni Okta Vinanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Correlation between linguistic intelligence and writing performance of EFL college students with working memory capacity levels / Giovanni Okta Vinanda

Vinanda, Giovanni Okta (2018) Correlation between linguistic intelligence and writing performance of EFL college students with working memory capacity levels / Giovanni Okta Vinanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktavinanda Giovanni. 2018. Hubungan antara Linguistic Intelligence dan Writing Performance Mahasiswa dengan Tingkat Working Memory Capacity. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. (2) Prof. A. Effendi Kadarisman M.A. Ph.D. Keywords linguistic intelligence writing performance and working memory Individu memiliki karakteristik tersendiri dan menunjukkan kemampuan berbeda yang berasal dari domain kognitif yang dimilikinya. Mengingat fakta ini para ahli dan pelaksana menyepakati bahwa komponen kognitif individu yang meliputi intelegensi dan memori memang memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk performa menulis mahasiswa. Walaupun demikian masih ada pertanyaan yang belum terjawab apakah linguistic intelligence yang merupakan bagian dari intelegensi majemuk dan working memory yang merupakan bagian dari memori benar mempengaruhi performa menulis mahasiswa dan berapa banyak kontribusi yang diberikan oleh keduanya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki korelasi antara linguistic intelligence terhadap writing performance mahasiswa dengan tingkat working memory capacity yang berbeda (tinggi sedang dan rendah). Subjek penelitian korelasi ini adalah 70 mahasiswa semester dua program studi Sastra Inggris di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Data dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner linguistic intelligence bagian dari Multiple Intelligences Developmental Scales (MIDAS) modifikasi tes Reading Span (RSPAN) dan tes menulis. Analisis statistik mengggunakan Spearman rank dilakukan dengan SPSS 23 dengan pengujian hipotesis menggunakan level signifikan 0.05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak ada korelasi yang signifikan antara linguistic intelligence dan writing performance mahasiswa dengan tingkat kapasitas working memory tinggi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.360 dengan nilai signifikansi 0.171 ( 61554 61502 0.05) (2) ada korelasi yang positif sedang dan signifikan antara linguistic intelligence dan writing performance mahasiswa dengan tingkat kapasitas working memory sedang yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi 0.535 dan nilai signifikansi 0.001 ( 61554 61500 0.05) (3) tidak ada korelasi yang signifikan antara linguistic intelligence mahasiswa dengan tingkat kapasitas working memory rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi 0.369 dan nilai signifikansi 0.109 ( 61554 61502 0.05) (4) tidak mungkin untuk membandingkan hasil korelasi dan melihat korelasi yang paling signifikan antara ketiga tingkat working memory karena tingkat kapasitas working memory sedang adalah satu-satunya yang memiliki korelasi signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang menunjukkan linguistic intelligence tinggi juga menunjukkan writing performance yang tinggi dengan tingkat working memory capacity sedang. Kemudian disarankan bahwa siswa harus meningkatkan linguistic intelligence mereka dengan memaksimalkan sensitifitas linguistik dan melakukan berbagai kegiatan linguistik didalam kesehariannya. Guru sebaiknya mampu menggunakan metode pembelajaran tertentu dan memberikan tugas yang mampu lebih meningkatkan linguistic intelligence dan working memory siswa. Kenyataan bahwa setiap anak memiliki kecenderungan kecerdasan yang berbeda guru harus mampu menggunakan metode yang variatif dan kreatif dan melakukan penilaian yang komprehensif. Bagi para pengembang kurikulum dan pelaksana dalam bidang pendidikan disarankan untuk merancang kurikulum program dan konten yang cocok untuk melatih dan meningkatkan linguistic intelligence siswa. Para peneliti selanjutnya dapat mengkaji domain lain dari inteligensi majemuk dan writing performance dengan variabel atributif lainnya yang terkait dengan karakteristik individu. Studi eksperimental dan studi kasus lanjutan terkait dengan linguistic intelligence working memory dan writing performance juga dapat menjadi studi yang menjanjikan di bidang Second Language Acquisition (SLA) dan Psycholinguistics in Applied Linguistics.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58990

Actions (login required)

View Item View Item