Reliance of autonomous learners on web-based sources of materials / Hilda Hafid

Hafid, Hilda (2018) Reliance of autonomous learners on web-based sources of materials / Hilda Hafid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hilda Hafid. 2018. The Reliance of Autonomous Learners on Web-based Sources of Materials. Thesis. Graduate Program. Universitas Negeri Malang. Advisors: (1) Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D., (2) Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A. Keywords: Siswa mandiri, pembelajaran berbasis web, pembelajaran dalam kelas, pembelajaran luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan siswa mandiri dengan pembelajaran berbasis web. Dewasa ini, ruang kelas tidak lagi menjadi satu-satunya ruang untuk belajar bahasa Inggris, melainkan hanya satu dari sekian banyak kesempatan belajar. Apakah pembelajaran didalam kelas masih dibutuhkan ataukah sudah tergantikan dengan pembelajaran online berbasis web yang semakin marak. Inilah yang menjadi topik pembicaraan dalam penelitian ini. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk memahami lebih baik kompleksitas dari issue yang diperbincangkan. Metode ini memberi ruang peneliti untuk menggali secara lebih detail dan mendalam tentang fenomena siswa mandiri dalam perjalanan pembelajaran bahasa Inggrisnya. Baik yang didapatkannya melalui guru di dalam kelas maupun hal yang didapatkan diluar kelas secara mandiri dengan website sebagai sumber belajar. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siswa mempelajari dan mengembangkan empat hal dari pembelajaran bahasa Inggris didalam kelas dari guru; (1) Siswa mempelajari tentang konsep dasar dari bahasa Inggris, (2) Siswa mampu mengklasifikasi tingkatan materi pembelajaran, (3) Siswa mampu menggunakan bahasa Inggris secara praktis dan, (4) Siswa belajar tentang membangun keterampilan sosialnya. Sedangkan dari pembelajaran berbasis web, siswa mepelajari dua hal yakni siswa menyadari potensi tersedianya materi belajar yang tak terbatas dan potensi pembelajaran secara alami dengan materi yang autentik dari websites. Namun, pada akhirnya pembelajaran yang efektif dan atraktif hanya tercipta dengan adanya guru yang mengoptimalkan pembelajaran berbasis web di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58988

Actions (login required)

View Item View Item