StudentsÔÇÖ grammatical errors in writing a descriotive text / Hendra Herliadi

Herliadi, Hendra (2018) StudentsÔÇÖ grammatical errors in writing a descriotive text / Hendra Herliadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Herliadi, Hendra. 2018. StudentsÔÇÖ Grammatical Errors in Writing A Descriptive Text. Thesis. Graduate Program in English Language Teaching, Universitas Negeri Malang. Advisors: (1) Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd., M.Ed., (2) Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A. Keywords: kesalahan tata bahasa, kalimat deskriptif, jenis-jenis error, sumber error Tata bahasa adalah salah satu komponen bahasa yang harus dipelajari oleh siswa ketika mereka ingin mempelajari sebuah bahasa. Dengan memiliki pengetahuan tentang tata bahasa akan membantu siswa memahami apa yang dimaksud orang lain. Pada umumnya, penguasaan tata bahasa adalah sebuah permasalahan yang besar bagi orang Indonesia terutama pada saat menulis. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang kesalahan tata bahasa siswa dalam menulis kalimat deskriptif khususnya dalam hal jenis kesalahan, kesalahan yang paling banyak dilakukan dan sumber dari kesalahan siswa ketika menulis sebuah kalimat deskriptif Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini di lakukan di SMKN 2 Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Propinsi Kalimantan Selatan. Sampel penelitian tediri dari delapan puluh tujuh siswa yang berasal dari jurusan Tekhnik Kendaraan Ringan. Instrumen yang digunakan adalah test tertulis dan wawancara. Tes tertulis di gunakan untuk menemukan jenis kesalahan tata bahasa siswa dan jenis kesalahan yang paling banyak di lakukan. Dan untuk menemukan sumber kesalahan, peneliti menggunakan wawancara Penemuan ini menunjukkan bahwa ada empat jenis kesalahan yang telah dilakukan oleh siswa saat menulis kalimat deskriptif. Mereka adalah omission, addition, misformation and misordering. Kesalahan yang paling banyak muncul saat menulis kalimat deskriptif adalah misformation dengan jumlah kesalahan sebanyak empat puluh atau 38.46 persen. Penelitian ini menemukan bahwa sumber ÔÇô sumber kesalahan berasal dari interlingual, intralingual, strategi komunikasi dan konteks pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X dari jurusan Tekhnik Kendaraan Ringan masih membuat kesalahan dalam bentuk misformation. Mereka masih mengalami kesulitan dalam pemilihan dan pembentukan kata benda, kata kerja, kata kerja bantu dan kata ganti orang. Peneliti menyarankan agar guru sebaiknya memberikan lebih banyak latihan dan menggunakan berbagai jenis tekhnik dan media dalam pengajarannya.Peneliti juga berharap agar peneliti berikutnya melakukan penelitian bukan hanya terbatas dari kategori surface strategy taxonomy tetapi juga comparative taxonomy, linguistic taxonomy dan communicative effect taxonomy

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58985

Actions (login required)

View Item View Item