Using digital photographs to improve the skill in writing analytical exposition text of the eleventh graders of vocational school / Muhtar Riadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using digital photographs to improve the skill in writing analytical exposition text of the eleventh graders of vocational school / Muhtar Riadi

Riadi, Muhtar (2018) Using digital photographs to improve the skill in writing analytical exposition text of the eleventh graders of vocational school / Muhtar Riadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Riadi Muhtar. 2018. Penggunaan Photo Digital untuk Meningkatkan Keahlian Menulis dalam Teks Ekposisi Analitis Siswa Kelas 11 SMK Negeri 2 Kotabaru. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati MA. Kata Kunci Photo digital keahlian menulis teks ekposisi analitis Menulis adalah salah satu keahlian dalam bahasa inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Oleh karena itu pada penelitian ini peneliti menggunakan photo digital untuk meningkatkan keahlian menulis siswa dalam menulis teks ekposisi analitis pada siswa kelas 11 Negeri 2 Kotabaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana poto digital diaplikasikan pada proses belajar mengajar untuk menulis teks ekposisi analitis dalam meningkatkan keahlian menulis siswa . Seperti penelitian tindakan kelas lainnya penelitian ini juga menggunakan 3 tahapan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Melalui tahapan kegiatan tersebut siswa diharapkan untuk mengorganisir ide-ide yang muncul menjadi paragraf yang benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi yang diperkenalkan oleh Kemmis dan McTaggart dalam Burns (2010). Peneliti menggunakan 4 (empat) tahapan tindakan seperti tahapan perencanaan aksi observasi dan refleksi. Hasil dari proses pembelajaran ini siswa bisa memenuhi kriteria yang telah ditentukan atau tidak. Data dianalisis dengan menggunakan skor rubrik yang diambil dari Jacob (1981). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keahlian menulis siswa pada 5 (lima) aspek dalam menulis seperti isi susunan kosakata penggunaan bahasa dan mekanik. Pada siklus 1 sebanyak 16 siswa (55.17%) rata-rata skor mencapai level good dan pada siklus 2 sebanyak 25 siswa (82.10%) rata-rata skor mencapai level good . Sehingga peningkatan dalam keahlian siswa menulis dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 10.52%. oleh karena itu semua kriteria yang telah ditentukan telah dipenuhi. Dari hasil yang telah dicapai pada siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan photo digital pada pelajaran menulis secara efektif mampu meningkatkan kualitas kemampuan menulis siswa. Selain itu berdasarkan kuestioner yang diberikan menunjukkan bahwa 91% siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan photo digital tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa guru bahasa inggris SMK hendaknya memilih media dalam pembelajaran menulis khususnya penggunaan photo digital dan menyempurnakan kekurangan yang ada pada penelitian ini. Selanjutnya untuk peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian yang sama disarankan untuk memaksimalkan penggunaan photo digital sebagai media pembelajaran dengan menggunakan photo-photo atau photo series pada topik yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58983

Actions (login required)

View Item View Item