Extramural English exposure, attitude toward English, and speaking ability among vocational shool students / Rezki Hakiki Amaliah

Amaliah, Rezki Hakiki (2018) Extramural English exposure, attitude toward English, and speaking ability among vocational shool students / Rezki Hakiki Amaliah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Amaliah Rezki Hakiki. 2018. Bahasa Inggris Ekstramural Sikap terhadap Bahasa Inggris dan Kemampuan Berbicara. Tesis. Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dra. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. Kata Kunci Bahasa Inggris Ekstramural sikap nilai berbicara SMK paparan bahasa informal Banyak penelitian melaporkan pada kekuatan paparan bahasa secara informal dalam mengembangkan sikap dan kemampuan berbahasa Inggris sebagai pembelajar bahasa asing. Namun sayangnya tidak semua pembelajar dapat memiliki kontak langsung dengan lingkungan bahasa informal terutama bagi para pelajar di Indonesia. Mengenai masalah ini ada solusi yang diusulkan untuk meningkatkan kontak peserta didik dengan lingkungan bahasa dengan memaparkan mereka dengan kegiatan yang terkait dengan bahasa target di luar kelas atau dalam banyak penelitian disebut oleh kegiatan Ekstramural Bahasa Inggris (EE). Kegiatan EE dalam studi sebelumnya terbukti secara signifikan memiliki korelasi positif dengan sikap dan kemahiran bahasa Inggris peserta didik. Mayoritas studi ini diadakan di luar konteks Indonesia. Penelitian ini berusaha menemukan korelasi Paparan Bahasa Inggris Ekstramural dengan sikap terhadap bahasa Inggris dan skor berbicara siswa dalam lingkup Indonesia. Untuk mencapai tujuan penelitian studi kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang berlangsung di sekolah kejuruan negeri di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. 31 mahasiswa Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Kertak Hanyar dipilih secara sengaja sebagai peserta penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes berbicara. Dalam mengumpulkan data peneliti mengamati empat aspek berbicara yang dimiliki oleh para peserta. Setelah itu temuan data akan ditampilkan dianalisis dan didiskusikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang lemah antara pajanan Bahasa Inggris Ekstramural siswa dengan sikap mereka terhadap bahasa Inggris. Temuan yang berbeda terjadi ketika korelasi paparan Bahasa Inggris Ekstramural siswa dan skor berbicara mereka diperoleh. Hasilnya menunjukkan korelasi positif sedang antara paparan dan skor berbicara. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi paparan Bahasa Inggris Ekstramural yang dimiliki siswa semakin tinggi skor mereka dalam tes berbicara. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar guru Bahasa Inggris SMK harus memaksimalkan penggunaan kontak dengan bahasa Inggris siswa di luar kelas. Guru perlu memaksimalkan efek paparan Bahasa Inggris Ekstramural melalui melibatkan siswa lebih banyak dengan kegiatan seperti mendengarkan musik mengirim dan menerima pesan browsing internet membaca dan menulis dan bahkan bermain game online untuk memajankan siswa dengan Bahasa Inggris yang otentik diluar proses belajar mengajar di sekolah. Selanjutnya karena ix penelitian hanya melibatkan peserta yang terbatas disarankan bagi peneliti di masa mendatang untuk menyelidiki korelasi variabel dalam skala yang lebih besar untuk meningkatkan tingkat signifikansi penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58978

Actions (login required)

View Item View Item