The quality of ÔÇ£Your English Partner A+ÔÇØ textbook: lecturers and studentsÔÇÖ perspectives / Noor Aida Aflahah

Aflahah, Noor Aida (2018) The quality of ÔÇ£Your English Partner A+ÔÇØ textbook: lecturers and studentsÔÇÖ perspectives / Noor Aida Aflahah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Aflahah, Noor Aida. 2018. The Quality of ÔÇ£Your English Partner A+ÔÇØ Textbook: Lecturers and StudentsÔÇÖ Perspectives. Thesis, English Language Teaching, Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Sri Rachmajanti, Dip. TESL., M. Pd. (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M. Pd. M.A Kata Kunci: buku bahasa Inggris, evaluasi buku, perspektif dosen, perspektif mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tentang kualitas ÔÇ£Your English Partner A +ÔÇØ buku teks berdasarkan perspektif dosen dalam hal penampilan umum, tata letak dan desain, visual, buku dan pendekatan tujuan, pendekatan buku, alat peraga, metode pengajaran , buku dosen, subjek dan konten, latihan, konten sosial dan budaya, materi mendengarkan, materi berbicara, materi membaca, materi menulis, kosakata, tata bahasa dan materi pelafalan dan juga perspektif mahasiswa dalam hal tujuan dan pendekatan buku, komponen bahasa, keterampilan bahasa, latihan, topik, konten sosial dan budaya, tata letak dan desain dan materi tambahan. Peneliti menggunakan evaluasi kuantitaif sebagai metode penelitian dalam penelitian ini. Lembar evaluasi buku dan kuesioner mahasiswa digunakan sebagai instrumen penelitian. Lembar evaluasi buku teks diadaptasi dari konsep AbdelWahab (2013) Cunningsworth (1995), dan Ur (1991). Lembar evaluasi buku teks digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kualitas perspektif dari dosen. Lembar evaluasi diisi oleh 9 dosen dari Pusat Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin. Sementara untuk mendapatkan informasi dari perspektif mahasiswa, peneliti mengembangkan kuesioner mahasiswa berdasarkan Cunningsworth (1995) dan Ur (1991). Kuesioner mahasiswa diisi oleh 300 mahasiswa Pusat Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin. Dapat disimpulkan bahwa kualitas buku teks ÔÇ£Your English Partner A +ÔÇØ dikategorikan bagus dengan memperoleh nilai 72,25 dari 100 dari para dosen. Dalam hal perspektif mahasiswa, setiap pernyataan dalam kuesioner memperoleh lebih dari 80% kesepakatan. Para mahasiswa berpikir buku teks memperkaya pengetahuan mereka untuk menggunakan bahasa Inggris dengan baik, buku teks yang menarik dan mudah dimengerti isinya. Namun, para mahasiswa menganggap buku teks tidak tahan lama dan tidak memiliki glossary. Buku teks juga terlalu besar dan tidak memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengakses materi mendengarkan. Beberapa saran diajukan oleh peneliti untuk memperbaiki buku ÔÇ£Your English Partner A +ÔÇØ. Bagi dosen yang menggunakan buku teks di kelas, menginngat terdapatnya kekurangan dari buku ini, mereka bisa menambahkan atau menghilangkan materi dan mereka juga bisa mengadopsi dari materi lain di luar buku teks. Lalu, saran untuk penulis buku adalah mereka harus mengembangkan bahan buku pelajaran berdasarkan pendekatan pembelajaran komunikatif, mempertimbangkan kualitas produksinya dan melengkapi vii materi tambahan. Saran terakhir diberikan kepada peneliti selanjutnya. Karena penelitian ini dilakukan setelah tiga bulan buku teks ÔÇ£Your English Partner A +ÔÇØ digunakan ke dalam praktik kelas, peneliti selanjutnya dapat melakukan setelah seluruh materi buku digunakan untuk menggambarkan perspektif mahasiswa secara komprehensif. Selanjutnya, peneliti melibatkan mahasiswa yang berasal bukan dari jurusan pendidikan bahasa Inggris sebagai peserta penelitian dan tidak melakukan simulasi tentang evaluasi buku yang berarti mereka memiliki pengetahuan yang kurang pada evaluasi buku teks. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melibatkan mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, untuk mengevaluasi buku teks untuk melihat kejelasan kualitas buku atau memberikan simulasi kepada mahasiswa yang bukan dari jurusan pendidikan bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi untuk penelitian tentang evaluasi terhadap buku teks yang khusus digunakan oleh lembaga bahasa tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58977

Actions (login required)

View Item View Item