English teacherÔÇÖs knowledge and classroom practices of authentic assessment in Senior High Schools in Malang municipality / Inayatil Izzah

Izzah, Inayatil (2018) English teacherÔÇÖs knowledge and classroom practices of authentic assessment in Senior High Schools in Malang municipality / Inayatil Izzah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Izzah, Inayatil. 2018. Pengetahuan dan Praktik Kelas Guru Bahasa Inggris tentang Penilaian Autentik pada Sekolah Menengah Atas di Kotamadya Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo, M.A., (II) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi, M.Pd., M.A. Kata Kunci: pengetahuan guru, penilaian autentik, praktik kelas, kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengetahuan dan praktik kelas guru tentang penilaian autentik. Dalam Kurikulum 2013, penilaian autentik berperan penting sebagai metode yang secara komprehensif menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar siswa. Kajian teori mengungkapkan bahwa pengetahuan guru mengarahkan mereka pada cara-cara tertentu dalam menerapkan penilaian autentik di kelas dan berdampak pada penerapan kurikulum dalam pembelajaran. Oleh karena itu, sejauh mana pengetahuan konseptual guru tentang penilaian autentik dan implementasinya sangat penting untuk diteliti karena berpengaruh terhadap profesionalisme guru dan keberhasilan penerapan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survei. Berdasarkan tujuan penelitian, angket, observasi kelas, dan wawancara digunanakan sebagai instrumen penelitian ini. Oleh karena itu, subyect pada penelitian ini dikategorikan menjadi mayor dan minor. Subyek mayor atau utama adalah 35 guru bahasa Inggris dari sebelas sekolah menengah negeri di Kota Malang. Mereka dipilih untuk menjadi responden kuesioner sebagai salah satu instrumen penelitian. Selain itu, lima guru dari subyek mayor dipilih untuk menjadi subyek minor pada penelitian ini. Penerapan penialaian autentik pada praktik kelas mereka diteliti dengan melakukan observasi kelas dan wawancara untuk mengkonfirmasi data pengetahuan penilaian otentik guru yang telah dikumpulkan melalui kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru bahasa Inggris tentang penilaian autentik berada pada tingkat yang tinggi dan dikategorikan ke dalam pengetahuan yang sangat baik (54%) dan pengetahuan yang baik (46%). Tidak ada satu pun dari guru yang termasuk dalam penelitian ini memiliki pengetahuan yang sedang, kurang, dan sangat kurang tentang penilaian otentik. Pengalaman mengajar dan pelatihan tentang penilaian otentik dianggap berdampak positif terhadap pengetahuan guru tentang penilaian autentik. Namun, pengetahuan guru tidak menjamin keefektifan praktik kelas guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua guru menerapkan penilaian autentik secara optimal. Terbatasnya waktu belajar-mengajar, jumlah siswa di dalam kelas, kurangnya pelatihan dan motivasi guru diidentifikasikan sebagai faktor prediktif yang memengaruhi penerapan penilaian autentik guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58974

Actions (login required)

View Item View Item