Effect of blended learning using google classroom on writing ability of EFL students across autonomy levels / Wahyu Diny Sujannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Effect of blended learning using google classroom on writing ability of EFL students across autonomy levels / Wahyu Diny Sujannah

Sujannah, Wahyu Diny (2018) Effect of blended learning using google classroom on writing ability of EFL students across autonomy levels / Wahyu Diny Sujannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Sujannah Wahyu Diny. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Melalui Google Classroom terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Berdasarkan Tingkat Otonomi. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata kunci pembelajaran terpadu Google Classroom kemampuan menulis tingkat otonomi Mahasiswa memiliki banyak kesulitan menulis seperti menulis pernyataan tesis memilih kalimat topik membuat transisi dari satu ide ke ide lain mengorganisasi ide dan menggunakan kosakata dan tata bahasa yang tepat. Kesulitan ini tidak dapat diatasi dengan mudah dalam periode waktu yang terbatas di kelas menulis. Karena alokasi waktu kelas menulis di tingkat universitas seperti di Universitas Merdeka Universitas Ma Chung dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang terbatas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) perlu ditingkatkan untuk melakukan pembelajaran terpadu di luar kelas untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan menulis mereka. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pembelajaran terpadu melalui Google Classroom terhadap kemampuan menulis mahasiswa berdasarkan tingkat otonomi. Penelitian yang menggunakan desain eksperimen kuasi ini melibatkan 53 mahasiswa semester tiga Universitas Negeri Malang yang mengambil mata kuliah Essay Writing dengan kelas B yang terdiri dari 28 mahasiswa sebagai kelompok kontrol dan kelas C yang terdiri dari 25 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen. Meskipun demikian hanya kelompok eksperimen yang menerima perlakuan pembelajaran terpadu melalui Google Classroom. Tes menulis berbentuk pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengetahui kemampuan menulis mereka sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu kuesioner otonomi belajar diberikan kepada kelompok eksperimen untuk membagi mereka ke dalam kelompok mahasiswa berotonomi rendah dan tinggi. Penelitian dilaksanakan selama 8 pertemuan termasuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran terpadu melalui Google Classroom mengungguli mahasiswa yang diajar tanpa menggunakan pembelajaran terpadu dalam hal kemampuan menulis esai klasifikasi. Selain itu strategi ini bekerja lebih baik bagi mahasiswa berotonomi tinggi daripada mahasiswa berotonomi rendah dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka. Sebagai kesimpulan pembelajaran terpadu melalui Google Classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Selain itu dalam meningkatkan kemampuan menulis strategi ini lebih menguntungkan bagi mahasiswa berotonomi tinggi daripada mahasiswa berotonomi rendah. Mengacu pada temuan penelitian guru Bahasa Inggris disarankan meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa menggunakan pembelajaran terpadu melalui Google Classroom dan mempertimbangkan tingkat otonomi mahasiswa dalam menentukan persentase dan jenis kegiatan yang dilakukan online dan di kelas. Peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian yang viii sama dengan periode waktu penelitian yang lebih lama dan jumlah sampel yang lebih banyak untuk mengonfirmasi bahwa tingkat otonomi benar-benar mempengaruhi kemampuan menulis mahasiswa di lingkungan pembelajaran terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58970

Actions (login required)

View Item View Item