Implementing series of vocabulary learning activities to improve students' reading comprehension at Vocational School (SMK) Islami Al-Fattah Banjar Regency South Kalimantan / Suaibatul Aslamiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing series of vocabulary learning activities to improve students' reading comprehension at Vocational School (SMK) Islami Al-Fattah Banjar Regency South Kalimantan / Suaibatul Aslamiah

Aslamiah, Suaibatul (2018) Implementing series of vocabulary learning activities to improve students' reading comprehension at Vocational School (SMK) Islami Al-Fattah Banjar Regency South Kalimantan / Suaibatul Aslamiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xvii ABSTRAK Aslamiah Suaibatul. 2018. Implementing Series of Vocabulary Learning Activities to Improve Students Reading Comprehension at Vocational School (SMK) Islami Al-Fattah Banjar Regency South Kalimantan. Thesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharmanto M.Pd (2) Dr. Furaidah M. A. Kata Kunci Rangkaian aktifitas pembelajaran kosa kata Pemahaman Membaca Siswa kelas sepuluh TKJ (Teknik Komputer Jaringan) mempunyai kesulitan dalam pemahaman membaca. Kesulitan itu ditandai dengan nilai mereka yang rendah dalam tes pemahaman membaca yang diberikan pada saat penjajakan awal. Peneliti menemukan bahwa siswa memiliki masalah dalam mengidentifikasi ide pokok informasi rinci dan arti dari kata-kata sulit. Masalah-masalah siswa tersebut terjadi karena Kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa. Masalah ini membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa menggunakan rangkaian kegiatan pembelajaran kosa kata. Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas peneliti berkolaborasi dengan guru yang mengajar di kelas TKJ. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan mengikuti model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart (1988) yang terkait dengan pengulangan siklus. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rangkaian aktifitas pembelajaran kosa kata berhasil meningkatkat kemampuan pemahaman membaca siswa. Peningkatan ditandai dengan nilai siswa yang mencapai kriteria keberhasilan. Pada tes awal ada 14 dari 32 (40.64%) siswa mencapai ketuntasan minimal 70. Pada siklus 1 ada 18 dari 32 (56%) siswa yang mencapai ketuntasan minimal. Pada siklus 2 ada 29 dari 32 (91%) siswa yang mencapai ketuntasan minimal. Peningkatan dari tes awal ke tes pemahaman membaca siklus 1 adalah 12.36% sementara Peningkatan dari tes pemahaman membaca siklus 1 ke tes pemahaman membaca siklus 2 adalah 38%. Data menunjukkkan bahwa kriteria keberhasilan telah tercapai. Kesimpulannya rangkaian aktifitas pembelajaran kosa kata mampu meningkatkatkan pemahaman membaca siswa. Semua aktivitas itu mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas. Teknik ini dianjurkan untuk guru Bahasa Inggris sebagai salah satu strategi alternative dalam mengajar untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan cara yang menyenangkan. Mempertimbangkan keberhasilan strategi ini temuan penelitian ini juga dapat menjadi digunakan sebagai referensi bagi peneliti berikutnya untuk melaksanakan penelitian yang mirip tapi pada area yang lain dari kemampuan bahasa. Bagaimanapun strategi ini boros waktu karena perlu waktu yang lama untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58965

Actions (login required)

View Item View Item