Setyawan, Sunoko (2018) Peer feedback technique and the writing achievement of English Department students of UIN Malang / Sunoko Setyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii ABSTRAK Setyawan Sunoko. 2017. Peer Feedback Technique and The Writing Achievement of English Department Students of UIN Malang. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata kunci peer feedback kemampuan menulis mahasiswa UIN Malang Banyak penelitian yang mengkaji dan mengembangkan pembelajaran kemampuan menulis menggunakan bahasa Inggris untuk mendapatkan cara terbaik dalam pembelajaran menulis. Menulis adalah suatu proses kompleks yang melibatkan kemampuan berpikir karena pada proses menulis melibatkan suatu ide-ide dan menuliskan ide-ide tersebut ke dalam tulisan. Karena pada saat ini pendekatan yang berpusat pada siswa telah menjadi tren dalam pembelajaran menulis dan pendekatan proses menulis menjadi lebih populer dibandingkan dengan pendekatan hasil menulis teknik pengajaran menulis mengunaka peer feedback mulai banyak diteliti dan direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran menulis. Beberapa penelitian telah mengungkap manfaat dari penggunaan peer feedback selama pembelajaran. Manfaat penerapan teknik peer feedback di dalam kelas ialah meningkatkan kemampuan komunikasi antara mahasiswa karena adanya saling memberi masukan mengubah pandangan dari teacher centered menjadi student centered karena mahasiswa saling aktif memberikan komentar dan dengan penggunaan peer feedback juga dapat meningkatkan berbagai keterampilan selama pembelajaran salah satunya peningkatan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer feedback terhadap kemampuan menulis mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan Pretest Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester empat jurusan bahasa inggris UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang terdiri dari 8 kelas. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sample penelitian yang dipilih sevara acak. Data penelitian diperoleh dari hasil pretes dan postes. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan peer feedback sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan teacher feedback. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan ANAKOVA pada SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik peer feedback memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penggunaan peer feedback dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dengan cara pemberian masukan oleh teman begitu juga sebaliknya. Adanya suatu proses kolaboratif yang terbentuk hal ini dapat memberikan dampak positif terhadap suatu proses pembelajaran. Adanya proses kolaboratif tersebut menunjukkan bahwa selain memperbaiki kemampuan menulis mahasiswa penggunaan teknik peer feedback juga dapat memperbaiki kemampuan bersosialisasi antar individu di dalam kelas. Dengan demikian dapat direkomendasikan kepada pendidik khususnya dalam kelas writing untukviii menerapkan teknik peer feedback agar kemampuan menulis mahasiswa dapat diberdayakan dengan baik. .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58960 |
Actions (login required)
View Item |