Developing Content and Language Integrated Learning (CLIL) - based speaking materials for eleventh graders of senior high schools / Fadilah Umi Maisyaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing Content and Language Integrated Learning (CLIL) - based speaking materials for eleventh graders of senior high schools / Fadilah Umi Maisyaroh

Maisyaroh, Fadilah Umi (2018) Developing Content and Language Integrated Learning (CLIL) - based speaking materials for eleventh graders of senior high schools / Fadilah Umi Maisyaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maisyaroh Fadilah Umi. Developing Content and Language Integrated Learning (CLIL)-Based Speaking Materials For Eleventh Graders of Senior High Schools. Tesis. Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd and Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd Kata Kunci pengembangan materi berbicara CLIL siswa kelas sebelas sekolah menengah atas Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang mengintegrasikan Bahasa Asing dan konten Mata Pelajaran non kebahasaan erutama Geografi. Modul ini dikembangkan untuk kebutuhan guru dan siswa kelas sebelas Lintas Minat Bahasa Inggris tingkat SMA dalam rangka mengatasi masalah yang ada sehubungan kelangkaan materi pembelajaran Bahasa Inggris di kelas lintas minat tersebut. Penelitian ini memiliki dua langkah utama dalam penjabarannya. Langkah pertama adalah mendesain silabus dan langkah kedua adalah pengembangan modul. Pengembangan silabus dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang diusulkan oleh Yalden (1985). Model tersebut dikembangkan menjadi tujuh prosedur pengembangan meliputi 1) analisis kebutuhan 2) tujuan penelitian dilakukan 3) pemilihan model pengembangan silabus 4) pengembangan contoh produk silabus 5) pengembangan syllabus pedagogis 6) uji coba 7) evaluasi. Setelah silabus mendapatkan validasi ahli pengembangan modul CLIL dilakukan berdasarkan landasan teori CLIL Activities yang dikemukakan oleh Dale (2012). Kesebelas unit topik yang terdapat di dalam modul memiliki pola penyajian yang mirip dengan petunjuk yang dijelaskan di CLIL Tools for Teachers yang dikemukakan oleh Coyle (2005). Selain itu juga berdasarkan Juknis Pengembangan Bahan Ajar dari Direktorat Pembinaan SMA (2010). Dalam setiap unitnya jenis kegiatan belajar meliputi (1) Pembekalan Pengetahuan (2) Pemrosesan Pengetahuan (Mata Pelajaran dan Kognisi) (3)Pemrosesan Pengetahuan (Belajar Bahasa dan Penggunaan Bahasa) (4) Kebudayaan (5) Presentasi/Komunikasi (6) Penilaian oleh Guru. Penelitian ini melibatkan 31 siswa kelas Lintas Minat Bahasa Inggris dua orang guru Bahasa Inggris dan satu orang guru Mata Pelajaran/Bidang Study. Sedangkan untuk memenuhi prinsip kebutuhan penilaian dan evaluasi produk dua orang validator ahli dan satu guru Bahasa Inggris kelas Lintas Minat serta Pengawas Bahasa Inggris Tingkat SMA Kabupaten Malang yang melakukan validasi produk silabus hingga produk modul guru da modul siswa. Untuk lay out dan media pembelajaran pada modul guru dan modul siswa dua ahli dilibatkan dalam validasi. Ahli tersebut adalah pakar ahli grafis dan ahli bidang study dan Bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan wawancara mendalam untuk analisis kebutuhan. Cek lis validasi digunakan dalam tahap validasi dan kuesioner untuk guru dan siswa serta observasi pada fase try out terbatas.vii Data analisis kebutuhan digunakan sebagai dasar untuk pengembangan produk dimana CLIL activity handbook yang digunakan sebagai dasar penentuan prosedur mengajar. Selain itu Kompetensi Dasar 2 jenis teks Bahasa Inggris dari Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Peminatan adalah dasar pengembangan materi Geografi. Prinsip Coyle et al. tentang teori 4C dalam CLIL dan taksonomi kognitif Bloom dan CEFR digunakan untuk mengembangkan urutan dalam aspek kebahasaan dan kegiatan belajar di setiap unit. Pada saat validasi empiris dilakukan produk tersebut diuji cobakan pada kegiatan proses belajar mengajar di kelas Bahasa Inggris dengan melibatkan 38 siswa pada kelas tersebut. Kuisioner dan catatan lapangan digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang terkait dengan kegunaan produk bagi pengguna modul tersebut. Data tersebut digunakan sebagai dasar balikan kualitatif untuk membuat revisi akhir produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki beberapa kelebihan. Yang pertama adalah produk ini dikembangkan dengan mengintegrasikan topik-topik dalam pembahasan konten mata pelajaran Geografi yang sesuai dengan peserta didik dalam bahasa Inggris. Yang kedua adalah bahwa dengan menggunakan prinsip CEFR produk yang difokuskan untuk berbicara aktif dan lancar diharapkan dapat mengembangkan kebiasaan berpikir kritis. Pemikiran kritis adalah bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Yang ketiga adalah dengan digunakannya power point interaktif dan beberapa video pada beberapa bab dari 11 bab yang ada. Media-media tersebut berfungsi sebagai pengumpul informasi awal selama siklus analisis. Meski produk tersebut dirasakan sesuai oleh pengguna peneliti mengakui bahwa ada beberapa keterbatasan. Pertama pendekatan berbasis genre hanya diterapkan di tingkat pendidikan menengah di Indonesia sedangkan penerapan pendekatan CLIL menuntut adanya integrasi tema antara bahasa asing dan mata pelajaran non-bahasa. Kedua guru bahasa Inggris harus sangat berhati-hati dalam melakukan aplikasi karena diskusi di dalam kelas akan didasarkan pada konten. Yang terakhir peneliti menyarankan agar sekolah menerapkan materi pembelajaran berbasis CLIL untuk kelas Bahasa Inggris secara berkelanjutan karena pendekatan ini dapat membantu memecahkan salah satu masalah guru Bahasa Inggris yang kehilangan kesempatan untuk memenuhi persyaratan wajib program sertifikasi Guru tentang beban mengajar 24 jam. Selain itu hal terpenting adalah bahwa materi pembelajaran CLIL akan membiasakan siswa Lintas Minat Bahasa Inggris secara keseluruhan dengan pola berpikir kritis atau kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58958

Actions (login required)

View Item View Item