Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalu model Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran di kelas V SDN Diwek 1 Jombang / Asri Dwi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalu model Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran di kelas V SDN Diwek 1 Jombang / Asri Dwi Pratiwi

Pratiwi, Asri Dwi (2015) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalu model Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran di kelas V SDN Diwek 1 Jombang / Asri Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi Asri Dwi. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran di Kelas V SDN Diwek 1 Jombang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Thoha A. R S.Pd M.Pd (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd Kata Kunci Keterampilan Menulis Karangan Narasi Think Talk Write (TTW) 12288 12288 12288 12288 Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan ide atau pemikiran kepada orang lain yang disampaikan dalam bentuk tulisan. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di SD adalah keterampilan menulis karangan narasi. Berdasarkan observasi awal ditemukan beberapa permasalahan antara lain siswa masih kesulitan menyusun kalimat sebagai pembentuk paragraf narasi narasi siswa masih kurang dalam penggunaan ejaan dan tanda baca model yang digunakan guru kurang beragam. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Model yang digunakan yaitu model Think Talk Write (TTW). 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di SDN Diwek 1 Jombang (2) Mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa SDN Diwek 1 Jombang dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara (3) angket (4) studi dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Diwek 1 Jombang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data paparan data dan penyimpulan data. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model TTW berjalan dengan baik. Pada fase think siswa membaca buku cerita kemudian berdiskusi tentang isi buku pada fase talk. Selanjutnya pada fase write siswa menulis ringkasan isi buku dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model TTW dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Diwek 1 Jombang. Rata-rata kemampuan awal siswa yaitu 60 69. Setelah dilaksanakan siklus I rata-rata kemampuan siswa menjadi 73 6 dengan presentase keberhasilan 62 5%. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat kembali menjadi 85 3 dengan presentase keberhasilan 87 1%. 12288 12288 12288 12288 Saran bagi siswa yaitu agar dapat meningkatkan keterampilannya dalam menulis karangan narasi. Bagi guru dapat memperkaya variasi model pembelajaran. Bagi peneliti dapat dijadikan pengalaman dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Bagi peneliti lain dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5895

Actions (login required)

View Item View Item