Peningkatan hasil belajar mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana menggunakan model example non example kelas II SDN Mandesan 01 Selopuro / Citra Nasucha Analinta Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana menggunakan model example non example kelas II SDN Mandesan 01 Selopuro / Citra Nasucha Analinta Hadi

Hadi, Citra Nasucha Analinta (2015) Peningkatan hasil belajar mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana menggunakan model example non example kelas II SDN Mandesan 01 Selopuro / Citra Nasucha Analinta Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadi Citra Nasucha Analinta. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Unsur- unsur Bangun Datar Sederhana Menggunakan Model Example Non Exam-ple Kelas II SDN Mandesan 01 Kecamatan Selopuro. Skripsi Jurusan Ke-pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. M Zainuddin M. Pd (II) Drs. H. Syaiful Imam S. Pd. M. Pd Kata kunci hasil belajar matematika model Example Non Example Berdasarkan observasi pratindakan yang dilakukan di kelas II SDN Man-desan 01 Kecamatan Selopuro ditemukan permasalahan antara lain guru meng-gunakan model konvensional yang tidak mengaktifkan siswa dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran guru tidak membimbing siswa yang memiliki ketidakmampuan membaca dan menulis dan siswa tidak aktif ter-libat dalam pembelajaran serta sikap komunikatif siswa masih rendah. Dengan d-emikian menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan be-lajar baik secara individu maupun klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pem-belajaran Matematika mengenai mengenal unsur- unsur bangun datar sederhana melalui model Example Non Example. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilakukan dengan ta-hapan perencanaa pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut pada pratindakan per-sentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas II SDN Mandesan 01 Kecamatan Selopuro adalah sebesar 44% pada siklus I rata- rata persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas II SDN Mandesan 01 Kecamatan Selopuro meningkat men-jadi 70% dan siklus II meningkat lagi menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Mate-matika mengenai mengenal unsur- unsur bangun datar sederhana melalui model Example Non Example meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Mandesan 01 Kecamatan Selopuro. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model Example Non Example dalam pembelajaran Matematika sehingga siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item