The Physics Department students' reading strategies in comprehending English texts through think-aloud techniques / Ratih Wahyu Korpriani - Repositori Universitas Negeri Malang

The Physics Department students' reading strategies in comprehending English texts through think-aloud techniques / Ratih Wahyu Korpriani

Korpriani, Ratih Wahyu (2017) The Physics Department students' reading strategies in comprehending English texts through think-aloud techniques / Ratih Wahyu Korpriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Korpriani Ratih Wahyu. 2017. Strategi Membaca Mahasiswa non-Bahasa Inggris dalam Memahami Teks Berbahasa Inggris melalui Teknik Think-Aloud. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed (II) Dr. Sri Rachmajanti Dip.TESL. M. Pd. Kata Kunci strategi membaca mahasiswa non-Bahasa Inggris teknik think-aloud Strategi membaca yang diterapkan oleh mahasiswa non-Bahasa Inggris khususnya jurusan Fisika sangat menentukan pemahaman membacanya. Ada bermacam-macam strategi yang digunakan yang meliputi strategi kognitif dan metakognitif. Dalam proses pembelajaran mahasiswa jurusan Fisika sering membaca referensi berbahasa Inggris yang penuh dengan istilah dan kata-kata asing. Hal ini membuat mereka mengalami kesulitan dalam memahaminya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi yang digunakan serta permasalahan apa yang sering mereka alami ketika membaca teks berbahasa Inggris. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini melibatkan dua mahasiswa dari Jurusan Fisika angkatan tahun 2014 yang telah menempuh mata kuliah Bahasa Inggris pada semester pertama. Data penelitian diperoleh dengan melakukan teknik think-aloud dan interview. Data yang diperoleh berupa tanggapan verbal dari subjek penelitian yang telah direkam dan ditranskripkan sebelum dianalisis. Peneliti merupakan instrumen dalam penelitian ini yang secara terus menerus mengumpulkan dan menganalisis data hingga tercapai kesimpulan. Trianggulasi data diperoleh dari hasil wawancara dengan dosen yang mengajar mata kuliah Bahasa Inggris di jurusan Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa S1 Fisika 2014 menerapkan baik strategi kognitif maupun metakognitif ketika membaca teks berbahasa Inggris. Stategi kognitif merupakan strategi yang paling sering digunakan yang meliputi proses bottom-up dan top-down diantaranya mencari hubungan antar kalimat merangkum menerapkan rumus dalam memahami bahasa mengaktifkan skemata menebak dan menarik kesimpulan dari teks. Sedangkan strategi metakognitif yang mereka gunakan adalah dengan memperhatikan ide pokok dan kata kunci bertanya pada diri sendiri dan membaca ulang. Sementara itu permasalahan yang sering mereka hadapi ketika membaca teks berbahasa Inggris adalah tentang struktur kalimat kosakata asing dan salah menafsirkan kata atau frasa. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa mahasiswa S1 Fisika menerapkan strategi kognitif dan metakognitif ketika membaca teks berbahasa Inggris. Disamping itu mereka juga mengalami beberapa kesulitan berkenaan dengan struktur kalimat kata-kata asing dan penafsiran. Oleh karenanya disarankan agar dosen mengajarkan tentang strategi membaca kepada mahasiswa dan memilih teknik pengajaran yang sesuai agar dapat menanggulangi permasalahan yang dialami siswa pada saat membaca. Penelitian lanjutan yang melibatkan subjek dengan level kemampuan membaca yang berbeda perlu dilaksanakan agar bisa memetakan dan membandingkan strategi kognitif dan metakognitif dari level yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58937

Actions (login required)

View Item View Item