Rahmah, Urwatus Silvia (2017) Lecturers' motivational strategies in ESP classrooms / Urwatus Silvia Rahmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmah Urwatus Silvia. 2017. Lecturers Motivational Strategies in ESP Clasrooms. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keywords Strategi motivasi dosen kelas ESP Motivasi adalah salah satu perhatian utama dari prestasi belajar bahasa kedua atau asing dan sebagai bagian penting dari karya siswa yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi motivasi yang digunakan oleh dosen dan banyak digunakan juga alasan untuk menggunakan strategi motivasi tertentu di kelas ESP. Rancangan penelitian penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 orang dosen kelas ESP yang mewakili masing-masing Fakultas Maulana Malik Ibrahim Malang. Fakultas adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Syariah Fakultas Ilmu Budaya Fakultas Psikologi Fakultas Ekonomi Fakultas Sains dan Teknologi. Pertanyaan penelitiannya adalah (1) Apa strategi motivasi yang digunakan oleh dosen di kelas ESP (2) Strategi motivasi apa yang banyak digunakan oleh dosen di kelas ESP (3) Apa alasan para dosen ESP untuk menggunakan strategi motivasi tertentu Instrumen penelitian adalah observasi kelas untuk menggambarkan informasi di lapangan dan untuk mengetahui strategi motivasi yang digunakan dan banyak digunakan oleh dosen di kelas. Wawancara adalah instrumen kedua untuk menguji strategi motivasi para dosen karena alasan mereka dalam menerapkan strategi di kelas. Temuan menunjukkan bahwa (1) Dosen ESP di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang umumnya menggunakan semua sepuluh strategi motivasi untuk memotivasi pelajar bahasa ada perilaku guru yang tepat menciptakan iklim kelas yang menyenangkan mempromosikan kekompakan kelompok dan norma kelompok menyajikan tugas dengan benar membuat Tugas belajar merangsang membiasakan peserta didik dengan nilai terkait L2 meningkatkan ketuntasan sasaran peserta didik meningkatkan rasa percaya diri peserta didik mendorong otonomi peserta didik mengenali usaha siswa. Selanjutnya peneliti menemukan strategi motivasi tambahan yang muncul dalam dosen Wawancara Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang tidak termasuk dalam sepuluh perintah strategi motivasi tetapi juga dinyatakan dalam instrumen utama Cheng dan D rnyei (2007) yaitu mempromosikan pembelajar yang memotivasi diri sendiri. strategi. (2) Strategi motivasi yang banyak digunakan oleh dosen adalah perilaku guru yang tepat menciptakan iklim kelas yang menyenangkan mempromosikan kekompakan kelompok dan norma kelompok meningkatkan ketuntasan tujuan peserta didik meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. (3) Akhirnya alasan mengapa para dosen mempertimbangkan untuk menggunakan strategi motivasi tersebut adalah (a) membawa pengajaran praktis dan interaksi menjadi lebih mudah nyaman dan lebih menyenangkan (b) menciptakan kesadaran siswa akan kesuksesan masa depan C) menunjukkan kepedulian mereka terhadap peningkatan dan minat belajar siswa dan (d) bersikap adil dan bijak dalam penilaian. Kesimpulannya temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis. Secara teoritis temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan penjelasan yang jelas dan wawasan yang lebih dalam tentang motivasi mengajar sehingga dapat merangsang semua guru dan dosen ESP untuk menerapkan strategi motivasi tersebut dalam proses pengajaran mereka. Hasil penelitian juga diharapkan membuat para guru dan dosen ESP menyadari dalam memilih strategi yang tepat untuk mengajar siswa mereka. Secara praktis temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi kepada guru dosen dan peneliti masa depan yang ingin melakukan studi mengenai strategi motivasi. Mereka dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai referensi pendukung untuk mengembangkan sebuah studi baru tentang motivasi mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58934 |
Actions (login required)
View Item |