Developing an English textbook for nursing students of Muhammadiyah University of Surabaya / Sulton Dedi Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an English textbook for nursing students of Muhammadiyah University of Surabaya / Sulton Dedi Wijaya

Wijaya, Sulton Dedi (2017) Developing an English textbook for nursing students of Muhammadiyah University of Surabaya / Sulton Dedi Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Sulton Dedi. 2017. Pengembangan Buku Teks Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Enny Irawati M.Pd. (II) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata kunci penelitian dan pengembangan buku teks bahasa Inggris mahasiswa keperawatan universitas Buku teks atau materi pelajaran bahasa Inggris yang sesuai memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa khususnya bagi mahasiswa keperawatan. Ada banyak buku teks yang bisa digunakan untuk membekali mahasiswa keperawatan dengan pengetahuan medis. Tujuan dari penelitian ini oleh karena itu adalah untuk mengembangkan buku teks bahasa Inggris untuk mahasiswa keperawatan di fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R D) yang diadaptasi dari Brian Tomlinson (2011) yang menggunakan beberapa langkah seperti 1) identifikasi 2) eksplorasi 3) realisasi kontekstual 4) realisasi pedagogis 5) produksi 6) penggunaan siswa dan 7) evaluasi. Ada dua instrumen yang digunakan pada langkah pertama dan kedua observasi dan kuesioner. Observasi digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan siswa dalam bahasa Inggris. Sedangkan kuisioner digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan bahasa Inggris bagi siswa keperawatan di fakultas sains kesehatan. Produk kemudian dikembangkan dengan menggunakan data yang didapat dari kedua instrumen tersebut. Tiga ahli terlibat dalam tahap validasi. Pertama dosen keperawatan Inggris yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kedua pakar ESP yang memiliki banyak pengalaman dalam mengajar bahasa Inggris. Ketiga ahli media pembelajaran dan pengajaran yang memvalidasi kesesuaian aspek fisik dan akseptabilitas produk. Masukan profesional mereka kemudian digunakan sebagai garis besar pembuatan draf produk sebelum diimplementasikan pada penggunaan siswa. Produk yang dihasilkan berupa texkbook yang terdiri dari enam unit. Setiap unit mencakup reading speaking dan writing. Product juga dilengkapi dengan dua komponen bahasa yaitu vocabulary dan grammar yang dikombinasikan dengan konten medis. Untuk menambah keunikannya muatan tambahan diberikan yaitu medical quotation dan pengenalan NCLEX (National Council Licensure Examination) yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tentang filosfi medis dan standard internasional keperawatan. Sebagai kesimpulan produk yang dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan siswa berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan uji coba produk. Isi dan aspek fisik produk yang dikembangkan sudah sesuai dan bisa digunakan sebagai bahan alternatif mahasiswa keperawatan. Disarankan bagi para siswa guru atau peneliti lain melakukan penyesuaian dalam hal realisasi pedagogis. Bagaimanapun juga produk ini masih perlu disebarluaskan untuk mengetahui persetujuannya dalam konteks yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58933

Actions (login required)

View Item View Item