Dermawan, Agus (2017) Attitudes of students toward the learning of English: a cross-sectional study in Senior High Schools in Bima / Agus Dermawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dermawan Agus. 2017. Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Sebuah Penelitian Cross Sectional pada Sekolah Menengah Atas di Bima. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Kata Kunci sikap siswa pembelajaran bahasa Inggris. Sejalan dengan status bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional dan peran pentingnya dalam banyak aspek kehidupan maka dipertimbangkan bahasa Inggris wajib diajarkan di tingkat pendidikan tertentu. Di Indonesia bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib yang di ajarkan pada Sekolah Menengah Atas. Salah satu faktor yang mempengarui pembelajaran bahasa adalah sikap. Sikap dinyatakan memiliki peran krusial dalam pengaruhnya menentukan kesuksesan atau kegagalan siswa. Disamping itu sikap terhadap pembelajaran bahasa diyakini mempunyai pengaruh yang nyata terhadap perilaku siswa dan berakibat pada kinerja mereka. Bila siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris mereka cederung memiliki tindakan positif terhadapnya. Sayangnya tidak semua siswa memiliki sikap yang positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di Bima. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Ini adalah prosedur dalam penelitian kuantitatif di mana peneliti melakukan survey terhadap sampel. Desain survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di lima Sekolah Menengah Atas di Bima. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner terdiri dari 3 bagian. Setiap bagian adalah perwakilan dari tiga komponen sikap yang berbeda. Ada 33 poin kuesioner yang disediakan. Kuesioner tersebut didistribusikan oleh peneliti sendiri kepada responden. Selain itu wawancara dilakukan untuk mendukung data yang diperoleh dari kuesioner. Total responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 248 orang. Mereka diambil dari kelas sepuluh dan sebelas dari lima Sekolah Menengah Atas yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Sepertinya mereka tahu sekaligus sadar akan pentingnya bahasa Inggris dan keuntungan yang akan mereka dapatkan dengan menguasai bahasa Inggris. Siswa yang memiliki sikap positif cenderung melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Penelitian ini hanya menunjukkan gambaran sikap siswa yang difokuskan pada perbedaan jenis kelamin dan pengaruhnya terhadap sikap mereka terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu disarankan bagi mereka yang tertarik untuk melakukan penelitian tentang topik yang sama untuk mengurai lebih luas sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dengan mempertimbangkan faktor tertentu seperti perbedaan dalam hal kelas. Dengan melakukan itu peneliti selanjutnya akan memiliki pemahaman yang menyeluruh untuk mengetahui gambaran sikap siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |