Implementing reciprocal teaching technique to improve the reading comprehension of eight graders of SMP Kristen Woloan / Emi Sabbara - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing reciprocal teaching technique to improve the reading comprehension of eight graders of SMP Kristen Woloan / Emi Sabbara

Sabbara, Emi (2017) Implementing reciprocal teaching technique to improve the reading comprehension of eight graders of SMP Kristen Woloan / Emi Sabbara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sabbara Emi. 2017 Penerapan Reciprocal Teaching Technique untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Delapan SMP Kristen Woloan dalam Membaca. Tesis Pendidikan Bahasa Inggsris Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. (II) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. Kata Kunci reciprocal teaching technique pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siawa kelas delapan SMP Kristen Woloan pada tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan Reciprocal Teaching Technique. Berdasarkan hasil oservasi awal dan tes awal ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks. Mereka mengalami kesulitan dalam memberikan jawaban yang tepat terhadap soal- soal yang diberikan guru dan hal ini dibuktikan dengan hasil test awal dimana siswa mendapatkan nilaii rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain 1) terbatasnya kosakata yang dimiliki siswa 2) kurangnya motivasi belajar yang dimiliki siswa. Oleh karena itu masalah ini perludi pecahkan dengan menerapkan RTT. Pada teknik mengajar ini siswa dilatih untuk memberikan prediksi memberikan klarifiksi atas prediksi mereka sebelumnya membuat pertanyaan dan membuat ringkasan dengan menggunakan kata atau kalimat mereka sendiri. Mereka juga bekerjasama dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti melaksanakan persiapan termasuk menyiapkan prosedur mengajar yang disesuaikan dengan RTT mendesain rencana pembelajaran menentukan kriteria ketuntasan observasi atau menganalisis data dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas delapan di SMP Kristen Woloan Kota Tomohon Propinsi Sulawesi Utara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil pengamatan dan angket. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini apabila 80% siswa dapat memberikan jawaban yang tepat pada setiap indikator soal dan peningkatannya dapat dilihat pada perolehan nilai yang didapatkan siswa apakah mereka telah memahami setiap indikator dalam membaca. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus yang pertama terdiri dari empat pertemuan sedangkan siklus yang kedua terdiri dari tiga pertemuan. Hasil akhir menunjukkan bahwa penerapan RTT dalam kegiatan mengajar dan belajar pada kegiatan membaca sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca. Peingktakan tersebut dalam dilihat pada hasil persentase kemampuan siswa berdasarkan indikator membaca pada setiap siklus dimana pada test awal persentase kemampuan siswa hanya 26.57% pada siklus pertama meningkat menjadi 66.82% dan pada siklus ke 2 lebih meningkat menjadi 86.67%. Data menunjukkan bahwa ada peningkatan sebanyak 40.25% dari test awal ke siklus pertama sebanyak 19.85% dan dari siklus pertama ke siklus ke dua sebanyak 19.85%. Sementara itu hasil nilai menujukkan bahwa nilai rata pada tes awal adalah 32.48 pada siklus 1 65.6 dan pada siklus 2 mencapai 85.84. Hasil akhir juga menunjukkan bahwa penerapan RTT dapat memotivasi siwa untuk berpartisipasi aktif sepanjang proses mengajar dan belajar berlangsung. Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa pada siklus 1 hanya 50.43% siswa yang berpartisipasi aktif sepanjang kegiatan pembelajaran sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 84.20% siswa yang berperan aktif sepanjang kegiatan pembelajaran. Sedangkan dari hasil angket mencapai 92.61% RTT telah diterapkan dalam mengajarkan membaca dengan memodifikasi tahap-tahap dalam teknik ini (1) pada tahap prediksi a. menunjukkan gambar yang sesuai dengan cerita b. meminta siswa untuk memberikan prediksi dalam hal ini siswa diminta untuk melengkapi peta konsep dan melengkapi kalimat. (2) pada tahap klarifikasi a. peneliti memberikan teks bacaan dan meminta siswa untuk membacanya b.membimbing siswa untuk mengklarifikasi prediksi mereka sebelumnya c. untuk menguatkan kosakata siswa peneliti menggunakan vocabulary card. (3) pada tahap bertanya a. siswa diminta untuk membaca kembali teks dan mengidentifikasi beberapa informasi penting. b.membimbing siswa dalam membuat pertanyaan dengan megikuti petunjuk yang telah diberikan dan kemudian pertanyaan itu di lemparkan ke kelompok lain. (4) pada tahap menyimpulkan siswa di tuntun untuk menyimpukan isi cerita yang telah mereka baca dengan mengikuti grapik yang telah diberikan. Berdasarkan temuan tersebut bagi guru yang mempunyai permasalahan yang sama dengan peneliti dapat menerapkan RTT sebagai salah satu alternatif dalam mengajar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kepada siswa disarankan ketika mereka mereka menemui masalah dalam memahami bacaan hendaknya mereka memecahkan masalah tersebut dengan berdiskusi atau berbagi ide dengan teman. Untuk lembaga pendidikan SMP Kristen Woloan hendaknya menyadiakan media yang bisa menunjang kelancaran penerapan RTT tersebut. Selain itu bagi peneliti mendatang disarankan untuk menerapkan teknik ini pada keterampilan yang lain pada tingkat kelas yang berbeda dan pada jenis teks yang berbeda dengan mempertimbangkan beberapa kekurangan dari RTT ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58928

Actions (login required)

View Item View Item