Cahyaningpuspita, Rininta Triwuri (2017) Evaluating reading materials in the English textbooks for eleventh graders published by The Ministry of Education and Culture in 2014 / Rininta Triwuri Cahyaningpuspita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyaningpuspita Rininta Triwuri. 2017. Evaluasi Bacaan pada Buku Teks Bahasa Inggris Kelas XI Terbitan Kementerian Pendidikan dan Budaya Tahun 2014. Thesis Pascasarjana. Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph. D. (II) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Keywords reading materials text readability authenticity exploitability suitability Buku paket merupakan salah satu buku yang umum digunakan sebagai sumber utama dalam proses belajar dan mengajar. Pada tahun 2014 mengikuti pelaksanaan kurikulum baru di Indonesia Kemendikbud membeli beberapa hak cipta dari pengarang buku paket untuk diterbitkan dibawah Kementrian pendidikan dan budaya. Secara tidak langsung buku paket tersebut menjadi standar materi untuk kurikulum 2013 yang masih asing bagi guru dan murid. Menyadari peran penting buku paket elektonik tersebut peneliti melihat peluang untuk melihat kualitas buku paket bahasa inggris tersebut khususnya pada text yang terdapat di buku paket bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan berdasarkan desain konten analysis oleh Kripendorff (2004). Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas teks yang terdapat pada buku paket bahasa Inggris untuk kelas XI terbitan Kementrian Pendidikan dan Budaya pada tahun 2014 tersebut. Teks-teks tersebut dianalisis berdasarkan kriteria teks yang diperkenalkan oleh Brown (2007). Penelitian ini juga mempertimbangkan criteria buku paket yang dimiliki oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Empat aspek yang diteliti dari teks tersebut adalah tingkat keterbacaan keotentikan teks tingkat eksploitasi teks dan kecocokan isi dari teks. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Meski demikian peneliti menggunakan dua alat dalam proses pengumpulan data yaitu readability formula dan lembar analisa teks. Untuk mendukung reliability dari hasil penelitian peneliti didukung oleh dua evaluator yang juga menggunakan lembar analisis yang sama. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa teks yang ada dalam buku paket bahasa Inggris untuk kelas XI terbitan Kemendikbud pada tahun 2014 memiliki kualitas yang baik. Teks dalam buku teks Bahasa Inggris ini memiliki tingkat keotentikan yang sangat baik. Lebih lanjut teks-teks dalam buku teks tersebut memeliki tingkat keotentikan dan eksploitasi yang baik. Namun demikian tingkat keterbacaan dari teks-teks tersebut dikategorikan rendah. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan beberapa bacaan untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran empat teks tidak direkomendasikan dan dua teks lainnya disarankan untuk diperbaiki sebelum digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi balikan yang postitif bagi penulis buku paket untuk menambah kualitas readability teks dan variasi teks di dalam buku paket. Penelitian ini juga diharapkan bisa menjadi cerminan bagi guru untuk membuat teks sendiri yang lebih cocok dengan kriteria siswanya. Selain itu peneliti yang akan datang juga dapat menggunakan penelitian ini sebagai dasar mengembangkan teks bahasa inggris untuk kelas XI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58927 |
Actions (login required)
View Item |