The implementation of task-based language teaching by Indonesian Senior High EFL teachers / Evi Yuniarisda Hutagalung - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of task-based language teaching by Indonesian Senior High EFL teachers / Evi Yuniarisda Hutagalung

Hutagalung, Evi Yuniarisda (2017) The implementation of task-based language teaching by Indonesian Senior High EFL teachers / Evi Yuniarisda Hutagalung. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hutagalung Evi. Y. 2017. Penerapan Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas oleh Guru-guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Sekolah Menengah Atas Indonesia. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata kunci pengajaran bahasa berbasis tugas pengajaran bahasa komunikatif. Berpegang pada tujuan Kurikulum Indonesia 2013 Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (PBBT) sebagai metode pengajaran bahasa menawarkan kesempatan bagi guru bahasa Inggris untuk mencapai pengajaran bahasa komunikatif di kelas. Sayangnya TBLT tidak dieksplorasi dalam hal pelaksanaan dan faktor-faktor yang berkontribusi dalam konteks Indonesia. Sebenarnya hasil penelitian semacam ini akan menambahkan wawasan tentang bagaimana TBLT benar-benar diterapkan di kelas EFL di Indonesia apakah implementasi berjalan sesuai dengan prinsip TBLT - jika ya faktor apa yang berkontribusi terhadap pelaksanaannya dan jika tidak faktor apa yang sepertinya menghalangi. Oleh karena itu penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menyelidiki dua fokus implementasi TBLT dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan penerapan TBLT dengan melakukan pengamatan dan wawancara. Untuk memilih subjek sebuah studi awal dilakukan dengan membagikan lembar kuesioner yang terdiri dari tiga puluh pertanyaan yang mengukur pemahaman guru terhadap TBLT kepada tiga puluh satu guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas di Malang. Tiga guru yang memiliki nilai tertinggi dalam ujian tersebut dipilih. Mereka selanjutnya diamati saat menerapkan TBLT di kelas mereka dan kemudian diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan TBLT terhalang karena kurangnya kemampuan guru dalam memilih jenis tugas fungsi guru sebagai monitor dan penasehat untuk produksi bahasa siswa selama selesainya tugas dan kemahiran siswa dan (2) faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan penerapan TBLT adalah jenis tugas media pengajaran teknik pengajaran fasilitas sekolah kemampuan guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan studi penelitian yang dilakukan oleh guru peneliti pelatihan guru terkait metode ELT untuk membentuk pemahaman dan kemampuan guru topik yang tertera dalam kurikulum nasional waktu persiapan dan kemahiran bahasa siswa. Oleh karena itu terlepas dari pemahaman dan pengetahuan guru terhadap penerapan TBLT beberapa kendala tampaknya sangat mendominasi . Oleh karena itu disarankan agar guru memperhitungkan faktor-faktor tersebut dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kekurangan serupa di masa depan. Juga disarankan untuk studi penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki topik-topik program pelatihan guru sehubungan dengan metode dalam ELT dan cara-cara untuk memotivasi siswa untuk berkomunikasi meski memiliki kemampuan berbicara yang kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58924

Actions (login required)

View Item View Item