Melalui model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi sumber daya alam bagi siswa kelas IV SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek / Henny Ernani Rofida - Repositori Universitas Negeri Malang

Melalui model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi sumber daya alam bagi siswa kelas IV SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek / Henny Ernani Rofida

Rofida, Henny Ernani (2015) Melalui model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi sumber daya alam bagi siswa kelas IV SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek / Henny Ernani Rofida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofida Henny Ernani. 2015. Melalui Model Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Materi Sumber Daya Alam bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek . Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd. (II) H. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd. Kata Kunci prestasi belajar ips model numbered heads together (nht). Pembelajaran di SDN 1 Ngulankulon khususnya pembelajaran IPS masih terfokus pada buku paket IPS dan LKS saja siswa jarang melakukan kegiatan yang berarti. Pada umunya pembelajaran IPS masih menekankan pada model ceramah dan kurang berkesan bagi siswa siswa hanya menerima materi pelajaran dan kurang penghayatan pada materi. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan model NHT pada pembelajaran IPS 2) peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian kelas IV SDN 1 Ngulankulon dengan jumlah siswa 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan . Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan paparan data pada kegiatan pratindakan diperoleh ketuntasan belajar siswa mencapai 52% dengan jumlah ketuntasan yaitu 12 siswa mendapat nilai 8805 75 dari 23 siswa. Siswa yang tidak tuntas mencapai 48% 11 siswa dari 23 siswa tidak tuntas belajar. Secara klasikal siswa dinyatakan belum tuntas dalam belajar karena persentase siswa yang tuntas kurang dari 80% sesuai persentase yang telah ditetapkan. Penerapan model NHT pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan persentase aktivitas guru dan siswa. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 78% meningkat 19% menjadi 97% pada siklus II. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 75% meningkat 6% menjadi 81% pada siklus II. Dengan penerapan model NHT pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I sebanyak 16 siswa dengan persentase 70% telah mencapai ketuntasan sedangkan pada siklus II sebanyak 22 siswa dengan persentase 96% telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV SDN 1 Ngulankulon Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5892

Actions (login required)

View Item View Item