Syarif, Ahmad (2017) The lexical richness of undergraduate EFL students' academic writing across gender / Ahmad Syarif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Syarif Ahmad. 2017. Kekayaan Leksikal pada Karya Tulis Akademis oleh Mahasiswa Pembelajar Bahasa Inggris Strata 1 lintas Gender Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (II) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Kata Kunci kekayaan leksikal karya tulis akademis gender. Penelitian ini membahas dua topik utama kekayaan leksikal dan perbedaan gender. Kekayaan leksikal dapat diartikan secara sederhana sebagai jumlah diksi yang di paparkan siswa dalam karya lisan atau tulis. Perbedaan gender dibahas untuk mengemukakan bagaimana perbedaan jenis kelamin menghasilkan tingkat kekayaan leksikal yang berbeda pula. Studi ini ditujukan untuk 1) mendeskripsikan tingkat kekayaan leksikal yang terdapat dalam karya tulis akademis mahasiswa starata 1 dan 2) membandingkan tingkat kekayaan leksikal yang terdapat dalam karya tulis akademis antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif khususnya desain ex post facto untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan. Selanjutnya penelitian ini melibatkan analisis korpus yang membolehkan peneliti menggunakan program komputer baik secara daring maupun luring. Data utama dari penelitian ini didapatkan dari sejumlah skripsi berbahasa Inggris yang ditulis oleh mahasiswa S1 Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Skripsi-skripsi tersebut telah disarikan untuk membentuk sebuah korpus pembelajar bahasa Inggris yang dinamai C-SMILE yang telah memiliki koleksi 205 skripsi yang tersimpan dalam bentuk berkas plain text (.txt). Untuk memperbesar ukuran korpus peneliti menambahkan sebanyak 236 skripsi terbaru hasil tulisan mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris yang diperoleh dari perspustakaan elektronik Universitas Negeri Malang. Akhirnya peneliti telah membentuk sebuah korpus yang lebih besar yang terdiri dari 411 skripsi 103 skripsi ditulis oleh mahasiswa laki-laki dan 338 ditulis oleh perempuan. Untuk mengetahui kekayaan leksikal yang terdapat dalam tulisan mahasiwa peneliti menggunakan Lexical Frequency Profile (LFP) yang dikembangkan oleh Laufer dan Nation (1995). Selanjutnya peneliti juga menghitung Lexical Variation (LV) berdasarkan Type Token Ratio (TTR). Untuk menjalankan proses analisis peneliti menggunakan perangkat lunak computer yaitu AntWordProfiler 1.4.0w yang dikembangkan oleh Laurence Anthony (2013). Perangkat tersebut menganalisis korpus tulisan mahasiswa berdasarkan tiga daftar frekuensi kata yaitu 1000 kata pertama tersering digunakan (Tingkatan 1) 1000 kata kedua tersering digunakan (Tingkatan 2) dan daftar kosakata universitas (Tingkatan 3). Kata-kata yang tidak termasuk dalam ketiga daftar tersebut digolongkan kedalam kata-kata tak terdaftar (Off List Word). Setelah memperoleh data tentang kekayaan leksikal penulis juga membandingkan data-data tersebut berdasarkan jenis kelamin penulis laki-laki dan perempuan menggunakan uji beda 2-groups independent sample test menggunakan SPSS 16.0 untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kekayaan leksikal pada tulisan yang disusun oleh gender yang berbeda. Menurut hasil analisis data ditemukan bahwa secara rata-rata karya tulis akademis mahasiswa tersebut mengandung 11.610 (SD 3.501) token. Di antara 411 tulisan penggunaan token terendah adalah sejumlah 2.210 dan tertinggi sejumlah 24.758 token. Karya tulis mahasiswi cenderung lebih panjang dari pada tulisan mahasiswa. Tulisan mahasiswi rata-rata mengandung 12.023 token sedangkan tulisan mahasiwa mengandung rata-rata 10.256 token. Rata-rata variasi leksikal (LV) yang terdapat dalam tulisan mahasiswa adalah 13.15% (SD 2.936) dengan persen terendah 7% dan tertinggi 24%. Meskipun mahasiswi cenderung menulis lebih panjang berdasarkan hitungan jumlah token mahasiswa memiliki diksi yang lebih beragam dalam tulisan mereka. Mahasiswa memiliki variasi leksikal sebanyak 14.26% sedangkan mahasiswi memiliki 12.81%. Selanjutnya hasil analisis FLP mengemukakan bahwa tingkat kekayaan leksikal di dalam karya tulis akademik mahasiswa berada pada Tingkatan 1 yang merupakan tingkatan yang rendah. Mahasiswa cenderung lebih banyak menggunakan 1.000 kata tersering pertama dan hanya sedikit menggunakan kata dalam daftar kata universitas (Tingkatan 3) dan kata di luar ketiga daftar (Off List Word). Secara berurutan persentasinya adalah 76.23% 4.73% 9.47% dan 9.57%. Akhirnya analisis uji beda menunjukkan bahwa tingkat kekayaan leksikal yang dimiliki mahasiswa dalam karya tulis akademis mereka adalah sama dari kedua gender. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan semua daftar kata dalam FLP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58916 |
Actions (login required)
View Item |