The relationship of attitude and motivation toward students' speaking ability / Nurhidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

The relationship of attitude and motivation toward students' speaking ability / Nurhidayat

Nurhidayat (2017) The relationship of attitude and motivation toward students' speaking ability / Nurhidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhidayat 2017. Hubungan antara Sikap dan Motivasi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. Thesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana-Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Kata kunci Sikap Motivasi kemampuan berbicara Kemampuan berbicara adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain lebih dari kemampuan membaca menulis atau memahami bahasa lisan. Penelitian ini meneliti tentang korelasi antara sikap dan kemampuan berbahasa Inggris siswa dan motivasi dan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk menguji tingkat hubungan antara sikap dan motivasi terhadap kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 256 siswa dari SMAN 1 BOLO 58 siswa digunakan sebagai sampel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah berupa tes berbicara dan kuesioner. Hasil dari analisis statistik diketahui bahwa korelasi koefisien antara sikap siswa dan kemampuan berbicaranya adalah 0.915. Hal ini berarti ada korelasi yang sangat signifikan antara sikap siswa dan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Dapat disimpulakan bahwa siswa yang memliki sikap positif terhadap berbicara mempunyai prestasi yang bagus dalam kemampuan berbicaranya. Terlebih lagi ditemukan bahwa ada korelasi signifikan antara motivasi siswa dan kemampuan berbicaranya seperti yang diketahui dengan koefisien korelasi 0.645. Semakin tinggi motivasi siswa semakin tinggi nilai berbicara yang bisa di raih. Berdasarkan temuan pada penelitian ini beberapa saran ditujukan untuk guru bahasa Inggris dan peneliti yang akan datang. Bagi para guru mereka disarankan untuk membantu siswa untuk mengeksplorasi ketrampilan berbicara dalam belajar bahasa Inggris. Bagi peneliti yang akan datang yang ingin melakukan penelitian yang sama bisa menambahkan data kualitatif seperti wawancara dengan guru atau siswa agar peneliti bisa mengetahui masalah dalam kemampuan berbicara yang dihadapi siswa dan bagaimana masalah tersebut dapat diatasi. Dalam menggabungkan dengan data kualitatif peneliti-peneliti yang akan dating bisa menggunakan desain korelasi untuk mengetahui derajat korelasi antara 2 atau lebih varibel. Dengan menggunakan data kualitatif hal ini dpaat membantu peneliti agar dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58915

Actions (login required)

View Item View Item