Employing video recording to improve students' public speaking ability / Benni Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Employing video recording to improve students' public speaking ability / Benni Satria

Satria, Benni (2017) Employing video recording to improve students' public speaking ability / Benni Satria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satria Benni. 2017. Employing Video Recording to Improve Students Public Speaking Ability. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Nunung Suryati M.Ed. Ph.D (2) Dr. Utari Praba Astuti M.A Keywords Berbicara di depan umum Rekaman video Berbicara di depan umum bukan pekerjaan yang mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Oleh karena itu masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan berbicara di depan umum. Berdasarkan penelitian awal ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa sebuah kelas pendidikan Bahasa Inggris semester empat di Universitas Negeri Padang tahun ajaran 2017 masih rendah dalam berpidato. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggunakan rekaman video dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa berpidato. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Rekaman Video dapat meningkatkan kemampuan berpidato mahasiswa Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari satu siklus yang terbagi dalam 4 tahap yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari 5 pertemuan dimana 3 pertemuan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan 2 pertemuan untuk tes kemampuan berbicara. Subyeknya adalah 14 mahasiswa semester 4 di UNP. Data penelitian diperoleh melalui tes berbicara lembar ceklist observasi dan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prosedur penggunaan rekaman video yang tepat dalam pengajaran berpidato dapat meningkatkan kemampuan berpidato mahasiswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tercapainya kriteria keberhasilan yang ditunjukkan oleh hasil tes kemampuan berbicara dan lembar ceklist observasi. Semua mahasiswa (100%) mampu melewati nilai kelulusan minimum yaitu 65 yang diberikan pada kriteria keberhasilan. Untuk tambahan keterlibatan mereka juga sangat bagus. Tingkat partisipasi mereka mencapai 87%. Semua mahasiswa ikut berpatisipasi dengan baik ketika strategi ini diterapkan. Hasil ini didapat oleh mahasiswa hanya dalam satu siklus saja. Peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa dan keterlibatannya dicapai melalui penerapan langkah-langkah penggunaan video rekaman berikut ini (1) menulis naskah pidato (2) merekam (3) mengevaluasi (4) berdiskusi (5) merevisi (6) mengevaluasi Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan rekaman video berhasil dalam meningkatkan kemampuan pidato mahasiswa. Oleh sebab itu diharapkan bagi dosen yang mengajarkan kemampuan berbicara terutama berpidato untuk menggunakan strategi yang menggunakan video rekaman ini. Disamping itu disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mengadakan penelitian lebih lanjut yang menggunakan rekaman video dalam pengajaran kemampuan berbicara pada semester atau tingkat kemampuan berbicara yang berbeda sehingga dapat menemukan lebih banyak manfaat dari penggunaan rekaman video.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58914

Actions (login required)

View Item View Item