Developing supplementary narrative reading materials for ninth graders / Lidia Nur Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing supplementary narrative reading materials for ninth graders / Lidia Nur Utami

Utami, Lidia Nur (2017) Developing supplementary narrative reading materials for ninth graders / Lidia Nur Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Lidia Nur. 2017. Pengembangan Materi Tambahan Membaca Naratif untuk Siswa kelas 9 SMP. Thesis. Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph. D. (2) Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Membaca naratif materi tambahan pengembangan Pengajaran membaca naratif di sekolah menengah pertama terutama untuk siswa kelas 9 menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi terhadap cerita lokal. Akan tetapi cerita lokal belum tersedia dalam buku siswa yang berjudul Think Globally Act Locally karena buku ini memang diperuntukkan untuk pengguna dalam skala nasional. Oleh karena itu penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan materi tambahan membaca yang mencakup cerita lokal dan aktivitas membaca tiga tahap yang akan dipergunakan dalam pengajaran membaca naratif Penelitian dan pengembangan ini menerapkan desain ADDIE. Prosedur penelitin yang dilakukan meliputi 1) analisis kebutuhan 2) desain 3) pengembangan 4) penerapan and 5) evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner wawancara dan ceklis. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Data kualitatif yang diperoleh berupa komentar kritik saran dan pembetulan dipergunakan sebagai pertimbangan dalam perbaikan produk Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku berjudul Reading our Stories yang terdiri dari empat unit materi. Setiap unit berisi teks cerita aktivitas membaca dan gambar ilustrasi yang ditampilkan secara urut dalam tiga tahap membaca kegiatan pra membaca (Try It Let s Heat It Let s Match the Words and Guess It) kegiatan ketika membaca (Read It Read and Do Read and Explain ) dan kegiatan pasca (I Can Do It Let s Hunt the Words Discuss and Share Grammar Spot Creating my own Story and Reflection). Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk ini layak dalam hal kesesuaian keterbacaan dan keterjelajahan teks tiga tahap membaca penggunaan gambar pewarnaan desain dan tata letak dan memperoleh skor rata-rata sebesar 88%. Oleh karena itu produk ini masuk kategori sangat bagus. Hasil uji coba produk menunjukan bahwa produk ini memperoleh skor rata-rata sebesar dan termasuk dalam kategori sangat bagus. Produk ini terbukti mampu mengatasi masalah kebutuhan guru dan siswa terhadap materi tambahan. Siswa dan guru sangat terbantu dengan materi membaca yang bagus yang menampilkan tiga fitur terpadu yaitu cerita lokal yang pertama kali tersedia aktivitas membaca yang menantang dan mengarahkan siswa untuk menggunakan pemahaman level atas keterampilan berpikir tingkat atas dan gambar gambar yang menarik. Akan tetapi produk ini tidak ditunjang dengan pendukung penting lainnya seperti buku guru CD kunci jawaban sehingga kesesuaian untuk penggunaan secara mandiri masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebagai produk penelitian dan pengembangan buku Reading our Stories belum melalui uji keefektifan. Oleh karena itu penelitian selanjutnya bisa diarahkan ke penelitian experimental untuk mengetahui kefektifan produk. Masalah lain terkait dengan sifat produk ini yang berupa produk cetak. Penelitian selanjutnya bisa melibatkan pemggunaan teknologi digital untuk merangkul pengguna yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58906

Actions (login required)

View Item View Item