The Effectiveness of role-play integrated with word cards on students' speaking skill for communication / Bagus Putra Krisdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

The Effectiveness of role-play integrated with word cards on students' speaking skill for communication / Bagus Putra Krisdiana

Krisdiana, Bagus Putra (2017) The Effectiveness of role-play integrated with word cards on students' speaking skill for communication / Bagus Putra Krisdiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Krisdiana B. P. 2017. The Effectiveness of Role-Play Integrated with Word Cards on Students Speaking Skill for Communication. Thesis. Graduate Studies. Study Program of English Language Teaching Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Enny Irawati M.Pd. (II) Prof. A. Effendi Kadarisman Ph.D. Keywords role-play word cards speaking skill communication effective. This research was conducted to investigate the effectiveness of role-play integrated with word cards on students speaking skill for communication. The combination of role-play and word cards was done to know whether it could improve students speaking skill for communication or not. This study employed a one group pretest-posttest design. The subjects were 23 second-semester students of Universitas Kanjuruhan Malang. This study administered pretest and posttest to collect the data. The study took eight meetings covering two meetings for the pretest and posttest and six meetings for the treatments. After the students got the treatments the scores of the pretest and posttest were compared. Based on data analysis the mean scores obtained from each aspect for fluency it increased from 14.13 to 17.39. For grammatical accuracy it increased from 13.33 to 17.03. For pronunciation it increased from 14.69 to 17.03. For vocabulary skill it increased from 11.23 to 14.57. Overall furthermore it was found that the mean score in the pretest was 53.33 while in the posttest was 66.01. To analyze the data the researcher used the SPSS 21 program with paired-sample t test to reject null hypothesis. Either each aspect or overall they showed that with sig. level 0.05 zscore ztable for each aspect while tscore ttabel for the overall one or sig. 0.05. The scores of each aspect in the posttest were significantly different from and higher than in the pretest. It means that role-play integrated with word cards was effective in improving fluency grammatical accuracy pronunciation and vocabulary skill in speaking for communication. Therefore the scores in the pretest and posttest were significantly different. Some suggestions were derived from this study. It is suggested that other researchers should conduct a study using more than one group to compare this strategy to others or add additional variables. The other suggestion is by giving a task to make students keep focusing on the performers doing their role-play while waiting for their turn to perfor ABSTRAK Krisdiana B. P. 2016. Keefektifan Bermain Peran yang Digabungkan dengan Kartu Kata terhadap Kecakapan Berbicara Mahasiswa untuk Berkomunikasi. Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (2) Prof. A. Effendi Kadarisman Ph.D. Kata kunci bermain peran kartu kata kecakapan berbicara komunikasi efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas bermain peran yang digabungkan dengan kartu kata pada ketrampilan berbicara siswa untuk berkomunikasi. Kombinasi dari bermain peran dan kartu kata dilakukan untuk mengetahui apakah itu bisa meningkatkan ketrampilan berbicara siswa untuk berkomunikasi atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain tes awal-test akhir satu kelompok. Subyek penelitiannya adalah 23 mahasiswa semester dua di Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini menggunakan tes awal dan tes akhir untuk mengumpulkan data. Penelitian ini mengambil delapan pertemuan yang mencakup dua pertemuan untuk tes awal dan tes akhir dan enam pertemuan untuk perlakuan tersebut. Setelah siswa mendapatkan perlakuan nilai tes awal dan tes akhir dibandingkan. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing aspek untuk kelancaran meningkat dari 14 13 menjadi 17 39. Untuk ketepatan gramatikal meningkat dari 13 33 menjadi 17 03. Untuk pengucapan meningkat dari 14 69 menjadi 17 03. Untuk keterampilan kosa kata meningkat dari 11 23 menjadi 14 57. Secara keseluruhan ditemukan bahwa nilai rata-rata pada tes awal adalah 53 33 sedangkan pada tes akhir adalah 66 01. Untuk menganalisa data peneliti menggunakan aplikasi SPSS 21 dengan paired-sample t test untuk menolak hipotesis nol. Baik masing-masing aspek atau keseluruhan mereka menunjukkan bahwa dengan tingkat signifikan 0 05 zhitung ztabel untuk masing-masing aspek sedangkan thitung ttabel untuk total keseluruhan atau signifikan 0 05. Nilai masing-masing aspek pada tes akhir berbeda secara signifikan dan lebih tinggi daripada tes awal. Artinya bermainan peran yang digabungkan dengan kartu kata efektif dalam meningkatkan kelancaran ketepatan tata bahasa pengucapan dan ketrampilan kosa kata dalam berbicara untuk berkomunikasi. Oleh karena itu nilai pada tes awal dan tes akhir berbeda secara signifikan. Beberapa saran muncul dari penelitian ini. Disarankan agar peneliti lain melakukan penelitian menggunakan lebih dari satu kelompok untuk membandingkan strategi ini dengan strategi lain atau menambahkan variabel. Saran lainnya adalah dengan memberi tugas agar siswa tetap fokus pada penampil yang sedang bermain peran ketika menunggu giliran mereka tampil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58893

Actions (login required)

View Item View Item