Off-task behavior of fifth graders during english lessons in SDN 4 Wates Blitar / Deka Nanda Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Off-task behavior of fifth graders during english lessons in SDN 4 Wates Blitar / Deka Nanda Kurniawati

Kurniawati, Deka Nanda (2017) Off-task behavior of fifth graders during english lessons in SDN 4 Wates Blitar / Deka Nanda Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Deka Nanda. 2017. Perilaku Tidak Memperhatikan Siswa Kelas Lima SDN 04 Wates Blitar dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A. II) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Kata Kunci siswa kelas lima kelas kecil young learners perilaku tidak memperhatikan Kelas kecil secara umum diasumsikan sebagai kelas yang menjamin adanya keterlibatan siswa yang baik dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan kelas besar. Namun siswa kelas lima di SDN 04 Wates Blitar dengan jumlah siswa yang kecil menunjukkan situasi yang berbeda. Menimbang hal tersebut peneliti perlu mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktifitas siswa yang memperlihatkan perilaku tidak memperhatikan dalam pelajaran bahasa Inggris angka perilaku tidak memperhatikan faktor yang memicu timbulnya perilaku tidak memperhatikan reaksi guru serta respon siswa terhadap reaksi guru.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan guru bahasa Inggris dan seluruh siswa kelas lima yang hadir di kelas sebagai subjek penelitian. Dalam proses pengumpulan data peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Peneliti menggunakan teknik kuisioner wawancara dan observasi. Kemudian dalam analisis data peneliti melakukan familiarizing coding/reducing and summarizing or interpreting. Berdasarkan hasil analisis peneliti dapat menyimpulkan bahwa angka perilaku tidak memperhatikan siswa di SDN 04 Wates cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu ketidaktertarikan siswa terhadap pelajaran bahasa Inggris jadwal pelajaran bahasa Inggris setelah jam istirahat penggunaaan metode dan media pembelajaran yang kurang menarik minat siswa dan menarik siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan kemampuan guru dalam manajemen kelas faktor gender serta karakter dari young learners. Selain itu keterlibatan orang tua terhadap pendidikan putra-putri mereka yang rendah serta dampak dari pergaulan siswa sangat mempengaruhi sikap dan perailaku siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Kemudian semua reaksi guru terhadap perilaku siswa tidak selalu berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh karakter siswa serta kepekaan siswa terhadap sikap guru di kelas. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti mengajukan beberapa saran terhadap guru dan peneliti berikutnya. Pertama guru bahasa Inggris harus memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakeristik dari young learners terutama metode atau media yang mampu mendorong mereka untuk berimaginasi bergerak dan berinteraksi dengan teman dan lingkungan. Selain itu guru harus siap dalam menerapkan manjemen kelas pada saat transisi kegiatan serta harus lebih peka dan peduli terhadap semua perilaku siswa baik positif maupun negatif. Kemudian guru harus mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam pembuatan peraturan kelas supaya siswa lebih bertanggung jawab terhadap segala kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di kelas. Untuk penelitian berikutnya peneliti menyarankan supaya peneliti berikutnya melakukan penelitian tentang menejemen kelas yang baik di kelas kecil atau melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi perilaku tidak memperhatikan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58890

Actions (login required)

View Item View Item