Penerapan pendidikan karakter pada kelas 2 SDN Blimbing Kabupaten Kediri / Aprilya Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendidikan karakter pada kelas 2 SDN Blimbing Kabupaten Kediri / Aprilya Dwi Lestari

Lestari, Aprilya Dwi (2015) Penerapan pendidikan karakter pada kelas 2 SDN Blimbing Kabupaten Kediri / Aprilya Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Aprilya Dwi. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter pada Kelas 2 SDN Blimbing Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (2) Drs. Yuliwidiarti S.Pd M.Pd. Kata Kunci pendidikan karakter pembiasaan kepatuhan kedisiplinan kejujuran Pendidikan karakter adalah usaha yang dilakukan guru untuk mempengaruhi peserta didiknya menjadi manusia yang berkarakter dalam memutuskan baik buruknya sikap baik buruknya perilaku yang dilakukan dan memelihara apa yang baik serta mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara menemukan fakta yaitu adanya kesepakatan antara guru dengan siswa untuk menentukan sanksi tentang pelanggaran yang dibuat oleh siswa adanya budaya antri dilakukan oleh siswa serta adanya kedisiplinan dilakukan siswa ketika memasuki halaman sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang ada di dalam kelas dan di luar kelas melalui penerapan pembiasaan kepatuhan kedisiplinan dan kejujuran pada kelas 2 SDN Blimbing Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif (kualitatif deskriptif). Sumber data berupa sumber data guru dan siswa kelas 2 dan wawancara serta dokumen berupa instrumen penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan guru kelas 2 studi dokumentasi berupa instrumen penelitian dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara data yang diperoleh dari hasil wawancara dokumentasi dan pengamatan serta langkah yang digunakan adalah mereduksi data tes identifikasi dan persentase. Teknik pengelohan yang digunakan dalam pengecekan keabsahan temuan adalah triangulasi kecukupan referensial dan meningkatkan ketekunan. Dan Tahap penelitian yang dilakukan adalah pendahuluan proposal pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan hasil analisis studi dokumentasi diperoleh hasil bahwa (1) pembiasaan yang dilakukan siswa dengan kualifikasi kurang baik yang mencapai persentase 65 8% (2) kepatuhan yang dilakukan siswa dengan kualifikasi cukup baik yang mencapai persentase 79% (3) kedisiplinan yang dilakukan siswa dengan kualifikasi baik yang mencapai persentase 88 5% dan (4) kejujuran yang dilakukan siswa dengan kualifikasi cukup baik yang mencapai persentase 79%. Dari deskripsi hasil studi dokumentasi tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 2 SDN Blimbing Kabupaten Kediri masih kurang baik dalam aspek pembiasaan maka disarankan bagi guru untuk lebih menerapkan pembiasaan kepatuhan kedisiplinan dan kejujuran siswa dalam melakukan hal-hal yag baik supaya siswa memiliki sikap dan sifat yang baik.. Bagi para peneliti lebih lanjut disarankan untuk melakukan penelitian tidak hanya dalam melihat penerapan pendidikan karakter di sekolah pada kelas 2 saja melainkan juga dapat mengembangkan pendidikan karakter di SDN Blimbing Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item