Implementing power strategy combined with the animated film to improve the ability of second year students of SMP Kartika Kendari in writing narrative / Muhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing power strategy combined with the animated film to improve the ability of second year students of SMP Kartika Kendari in writing narrative / Muhari

Muhari (2017) Implementing power strategy combined with the animated film to improve the ability of second year students of SMP Kartika Kendari in writing narrative / Muhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhari. 2017. Penerapan Strategi POWER dengan Menggunakan Film Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Delapan SMPS Kartika Kendari dalam Menulis Naratif. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati. M.A. Ph.D (II) Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Strategi POWER Film Animasi Menulis Naratif Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan menulis naratif siswa dengan menerapkan strategi POWER menggunakan film animasi pada kelas VIIIB SMPS Kartika Kendari tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa rendah partisipasi siswa didalam kelas juga rendah serta strategi pengajaran yang digunakan masih monoton. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada kelas VIIIB SMPS Kartika Kendari yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana siklus pertama terdiri dari enam pertemuan lima pertemuan untuk perlakuan dan satu pertemuan untuk evaluasi. Sedangkan pada siklus kedua terdiri atas empat pertemuan tiga pertemuan untuk perlakuan dan satu pertemuan untuk evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan (planning) penerapan (implementing) mengamati (observing) dan refleksi (reflecting). Instrumen penelitian menggunakan tes menulis hasil pengamatan catatan lapangan dan angket. Ketercapaian dalam penelitian adalah 75% siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan sisanya dapat mencapai tingkatan cukup pada kemampuan menulis dan minimal 80% siswa memiliki respon positif selama penerapan pembelajaran dan pengajaran melalui strategi POWER menggunakan film animasi. Penerapan strategi POWER menggunakan film animasi yang telah meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa di SMPS Kartika Kendari dilaksanakan dengan lima langkah-langkah berikut yakni persiapan (preparing) organisasi (organizing) menulis (writing) edit (editing) dan menulis kembali (rewriting). Pada tahap preparing melibatkan beberapa kegiatan yaitu (1) Meminta siswa untuk menjawab dan mendiskusikan kata-kata sulit (2) Meminta siswa untuk mengerjakan tugas grammaryang berhubungan dengan ciri kebahasaan teks naratif (3) Memberikan pertanyaan terbimbing yang berhubungan dengan film animasi (4) Meminta siswa untuk menonton film animasi (5) Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan terbimbing yang telah diberikan (6) Meminta siswa untuk mengungkapkan pendapat dan membuat daftar kata-kata penting berdasarkan pertanyaan terbimbing. Pada tahap organizing melibatkan beberapa kegiatan seperti (1) Meminta siswa untuk membuat uraian ide pokok pada setiap paragraf (2) Meminta siswa untuk mengorganisir alur cerita berdasarkan film animasi. Pada tahap writing siswa diminta untuk menulis cerita berdasarkan pedoman dan catatan dari tahapan preparing dan organizing. Pada tahap editing melibatkan kegiatan seperti meminta siswa untuk secara berpasangan saling memeriksa tulisan berdasarkan pedoman yang diberikan. Sedangkan pada tahap rewritingmelibatkan beberapa kegiatan seperti (1)meminta siswa untuk menuliskan kembali cerita berdasarkan koreksi dari pasangan mereka dan juga tanggapan dari guru (2) Meminta siswa untuk mengumpulkan tulisan akhir mereka. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis naratif siswa melalui penerapan strategi POWER menggunakan film animasi. Hasil ini dapat dilihat dari skor evaluasi dari siklus pertama sampai siklus kedua. Hal menunjukkan target pengajaran menulis dicapai dengan hasil memuaskan. Pada studi pendahulaun peneliti menemukan masalah-masalah utama dalam menulis seperti rendahnya kemampuan menulis pada konten organisasi kosakata pengunaan bahasa dan mekanik. Secara umum skor rata-rata pada kelima aspek tersebut pada studi pendahuluan adalah 58.47 dengan kategori rendah dan pada siklus pertama meningkat menjadi 70.74 dengan kategori cukup dan pada siklus kedua meningkat menjadi 80.20 dengan kategori baik. Dikarenakan pada siklus kedua 29 siswa atau 82.85% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum dan sisanya 6 siswa atau 17.15% berada pada tingkatan cukup serta hasil proses belajar dan mengajar menunjukkan 82.50% merespon dengan positif penerapan strategi ini maka target penelitian ini telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi POWER menggunakan film animasi telah meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa dan telah dapat mengatasi masalah pada keterampilan menulis di SMPS Kartika Kendari. Berdasarkan temuan-temuan dalam penelitian ini guru-guru bahasa Inggris disarankan untuk menerapkan strategi ini sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis dan media yang digunakan harus disesuaikan dengan tingkatan dan kebutuhan siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang sama disarankan untuk menggunakan penelitian ini sebagai bahan penelitian pada penerapan strategi di keterampilan dan tingkatan pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58880

Actions (login required)

View Item View Item