Amanati, Novita Faidhotul (2015) Penerapan model pembelajaran couse reviev horay untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN 01 Blimbing Kabupaten Tulungagung / Novita Faidhotul Amanati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Amanati Novita Faidhotul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN 01 Blimbing Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd (II) Dra. Widayati M.H. Kata Kunci Model Pembelajaran Course Review Horay hasil belajar ips Observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN 01 Blimbing Kabupaten Tulungagung proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas adalah (1) siswa yang bersifat pasif terhadap proses pembelajaran (2) dalam proses pembelajaran tidak ada kegiatan kerja kelompok siswa hanya bekerja secara individu (3) guru menggunakan model konvensional yang terdiri dari metode ceramah dan metode penugasan dan (4) proses pembelajaran yang lebih didominasi guru sehingga terjadi komunikasi satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran course review horay dalam proses pembelajaran IPS dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran course review horay. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang pelaksanaanya dalam bentuk kolaboratif partisipatoris. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 01 Blimbing Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran course review horay pada pembelajaran IPS persentase aktivitas guru pada siklus I 84% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Aktivitas siswa berupa keberanian keaktifan kerjasama ketepatan jawaban dan kekompakan mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Diketahui bahwa hasil dari observasi aktivitas siswa pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 61 90% dan meningkat menjadi 80 95 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata 46 05 dan ketuntasan kelas 33 33% sebelum tindakan menjadi rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 57 14% pada siklus I dan meningkat menjadi rata-rata 77 dengan persentase ketuntasan 80 95% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay model dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model course review horay dalam pembelajaran IPS supaya aktivitas siswa bisa lebih meningkat dan siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5888 |
Actions (login required)
View Item |