The student engagement in English instructions at The State Vocational High School 7 Malang / Atik Sri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

The student engagement in English instructions at The State Vocational High School 7 Malang / Atik Sri Rahayu

Sri Rahayu, Atik (2017) The student engagement in English instructions at The State Vocational High School 7 Malang / Atik Sri Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Atik Sri. 2017. Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Malang. Thesis. Program Studi Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (2) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci keterlibatan siswa keterlibatan kelas pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan Penelitian di bidang keterlibatan siswa terutama dalam pengajaran Bahasa Inggris belum banyak dilakukan. Pada dasarnya keterlibatan siswa dalam pengajaran Bahasa Inggris sangat penting artinya untuk memberikan gambaran pada Guru bahwa pembelajaran benar-benar terjadi. Secara khusus penelitian ini dilakukan untuk (1) mengungkap keterlibatan siswa dalam pengajaran Bahasa Inggris dengan mempertimbangkan dimensi afektif tingkah laku dan kognitif (2) mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa dan (3) mengidentifikasi dimensi keterlibatan yang dominan. Penelitian ini menggunakan metode campuran dimana peneliti menggunakan data kualitatif dan kuantitatif untuk mendukung penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga instrumen utama yaitu kuesioner lembar observasi dan wawancara. Kuesioner diberikan dalam bentuk survei sebagai dasar dalam menentukan subyek penelitian. Kuesioner yang dipakai adalah Kuesioner Keterlibatan Kelas (Classroom engagement Inventory / CEI) untuk mendapatkan profil keterlibatan siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris di kelas. Kelas dengan tingkat keterlibatan tertinggi ditentukan sebagai subyek penelitian. Teknik bservasi dan wawancara digunakan untuk triangulasi untuk mencocokkan dengan hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menemukan bahwa keterlibatan siswa dalam pengajaran Bahasa Inggris tergolong tinggi di sepanjang periode pembelajaran sesuai kriteria keterlibatan siswa. Hal ini berarti bahwa sebagian besar siswa lebih terlibat dalam pengajaran Bahasa Inggris. Ada dua faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi konsep diri dan motivasi. Sementara faktor eksternal meliputi dukungan guru dan lingkungan kelas. Selain itu tidak ada satu dimensi keterlibatan siswa yang dominan karena tiap dimensi terkait satu sama lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan siswa berbanding lurus dengan kemampuan kognitif siswa. Siswa yang mampu secara kognitif lebih siap belajar dan terlibat dengan baik dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu disarankan agar peneliti selanjutnya dapat meneliti tingkat keterlibatan siswa pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah untuk memperkaya literature dalam bidang ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58876

Actions (login required)

View Item View Item