Developing a multimedia-based ethnic snake game to promote speaking skills for university freshmen / Lulud Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a multimedia-based ethnic snake game to promote speaking skills for university freshmen / Lulud Oktaviani

Oktaviani, Lulud (2017) Developing a multimedia-based ethnic snake game to promote speaking skills for university freshmen / Lulud Oktaviani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviani Lulud. 2016. Developing a Multimedia-Based Ethnic Snake Game to Promote Speaking Skills for University Freshmen. Thesis Graduate Programe in English Language Teaching Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M. Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M. A. Kata kunci penelitian dan pengembangan media berbasis multimedia permainan keterampilan berbicara Seiring dengan tumbuhnya teknologi yang menjadi lebih dan lebih tak terelakkan di abad ke-21 dosen juga dituntut untuk menerapkan teknologi dalam proses belajar mengajarnya. Sebagaimana Smaldino Lowther Russel (2008) menyatakan bahwa CALL sangat membantu baik dosen dan mahasiswa. Dosen dapat menyediakan mahasiswa media yang mempesona dan menarik ketika mengajar di kelas dan siswa dapat mempelajari materi yang tak terbatas melalui teknologi. Pada kenyatannya penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar masih lebih sedikit hal memicu peneliti untuk melakukan studi pendahuluan dalam bentuk kuesioner di Universitas Muhammadiyah Malang. Studi awal menunjukkan bahwa 63% siswa mengatakan dosen mereka tidak pernah menggunakan media berbasis multimedia dalam mengajar keterampilan berbicara sedangkan 89% siswa berpikir penggunaan di dalam kelas adalah hal yang penting. Menjawab kebutuhan siswa tersebut peneliti mengembangkan media berbasis multimedia untuk mahasiswa tahun pertama di universitas. Pengerjaan Penelitian dan Pengembangan (R D) ini mengelaborasi dua teori sehingga terdiri dari analisis kebutuhan desain produk evaluasi formatif revisi produk percobaan produk dan produk akhir. Peneliti mengkombinasikan dua teori tersebut dalam proses pengembangan produk ini dalam rangka memenuhi kondisi riil di lapangan dan memiliki langkah-langkah yang lebih lengkap dan fleksibel untuk melakukan. Hasil penelitian ini adalah produk yang berupa A media berbasis multimedia yang diberi nama Ethnic Snake Game dalam bentuk CD-ROOM dan buku panduan untuk dosen. Berdasarkan hasil evaluasi formatif beberapa modifikasi dalam produk ini dibutuhkan. Berkaca pada hasil try-out dimana 90% siswa memberikan tanggapan positif terhadap media ini. Selanjutnya pada tahap try-out menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen memberikan respon positif dalam semua pernyataan yang berhubungan dengan media berbasis multimedia dan mendapat hampir 4 skor di setiap item dari kuisioner dosen peneliti berpendapat bahwa produk ini berguna dan dapat di aplikasikan untuk aktivitas belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58874

Actions (login required)

View Item View Item